Mochtar Riady Beberkan Syarat Negara Bisa Lolos Krisis karena Corona

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 14 Mei 2020 22:39 WIB
Mochtar Riady merupakan Chairman Lippo Group.
Mochtar Riady pendiri dan chairman Lippo Group/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

COVID-19 berdampak besar pada berbagai sektor secara global. Pendiri dan Chairman Lippo Group Mochtar Riady pun buka suara merespons kondisi ekonomi yang terkena imbas Corona.

"Sebagai contoh negatif, kita lihat Singapura. Industri penerbangannya krisis sekitar sebulan setelah pemerintahnya menutup pintu masuk negara. Pengangguran di Amerika 14% dan diprediksi mencapai 25%. Krisisnya global," ujar Mochtar yang baru saja memasuki usia 91 tahun pada gelaran Jakarta Chief Marketing Officer (CMO) Club bertajuk Business Wisdom During COVID-19 Era, Kamis (14/5/2020).

Dalam acara yang digelar virtual lewat Zoom pada Kamis, 14 Mei 2020 tersebut, Mochtar menegaskan untuk keluar dari krisis tersebut sebuah negara atau wilayah harus memenuhi syarat yaitu wilayahnya besar, lalu sumber dayanya banyak, dengan penduduk yang juga banyak, dan ditopang dengan teknologi.


Kalaupun ada yang tidak memenuhi itu semua, setidaknya sistem pendidikannya berkualitas. Jika tidak memiliki itu semua, Mochtar tidak yakin sebuah negara akan masuk ke tatanan dunia yang baru usai COVID-19.

"Yang memenuhi kriteria tersebut hanya Amerika Serikat, China, dan Uni Eropa. Indonesia mampu jikalau merangkul negara ASEAN lain dengan total 600 juta penduduknya. Tanpa itu sulit," ujarnya lagi.

Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Corona Tembus Setengah Juta, DKI-Jateng Catat 1.000 Kasus Baru"
[Gambas:Video 20detik]