Pengumuman! Ada Bus Gratis buat Penumpang KRL

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 15 Mei 2020 11:45 WIB
Rangkaian KRL Commuterline terparkir di Dipo Depok, Depok, Jawa Barat, Rabu (3/4/2019). Dirut PT KAI  Edi Sukmoro berencana pada tahun ini akan menambah 160 gerbong KRL Jabodetabek, yang saat ini dalam sertifikasõ  tahap uji kelaikan di Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Jakarta -

Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) mulai hari ini menyiapkan bus gratis bagi para pengguna kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek. Bus ini disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada KRL commuter line.

Menurut Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana B. Pramesti belakangan ini ini beberapa kali terjadi masyarakat memaksakan diri untuk menumpang KRL meski kapasitas sudah melebihi batas ketentuan sesuai PSBB. Sementara itu, pada masa PSBB pelayanan KRL memang dibatasi hanya melayani maksimal 35 % dari kapasitas.

"Menyikapi kondisi yang beberapa kali terjadi seperti tersebut di atas, Pemerintah akan menyediakan angkutan bus alternatif bagi penumpang KRL. Bus tersebut akan dioperasionalkan jika terjadi kondisi memaksa dimana terjadi kepadatan jumlah penumpang KRL pada waktu tertentu," jelas Polana dalam keterangannya, Jumat (15/5/2020).

BPTJ mempersiapkan 15 bus yang akan dioperasikan selama 2 hari, yaitu untuk hari ini dan hari Senin 18 Mei 2020. Setiap bus juga diatur mengikuti protokol COVID-19, antara lain kapasitas hanya 25 orang atau 50% dari total kapasitas dan seluruh penumpangnya wajib menggunakan masker.

Meski memberikan layanan bus gratis, Polana sendiri tetap meminta masyarakat untuk dapat mengatur diri dengan menyesuaikan jadwal dan ketentuan yang berlaku terhadap pengoperasian KRL jika tetap ingin memanfaatkan KRL dengan pembatasan yang diberlakukan.

Dia mengimbau masyarakat yang tidak memiliki kepentingan mendesak atau beraktivitas terkait dengan kegiatan yang diperbolehkan sesuai PSBB dapat memenuhi ketentuan dengan tetap tinggal di
rumah.

"Hal ini tidak terlepas dari semangat diimplementasikannya kebijakan PSBB, yakni membatasi mobilitas masyarakat di luar rumah yang dikhawatirkan berpotensi mempercepat penyebaran Corona," jelas Polana.

Adapun untuk titik dan jadwal keberangkatan bus gratis tersebut adalah sebagai berikut:


1. Jumat 15 Mei 2020 (jam keberangkatan 16:00 - 16:30 WIB)

a. Rute Jakarta - Bogor
1) Stasiun Dukuh Atas Sudirman -Terminal Baranangsiang Bogor (2 unit bus).
2) Stasiun Manggarai - Terminal Baranangsiang Bogor( 2 unit bus).
3) Stasiun Tebet - Terminal Baranangsiang Bogor ( 2 unit bus) .

b. Rute Jakarta - Bekasi
1) Stasiun Dukuh Atas Sudirman - Terminal Bekasi (2 unit bus)
2) Stasiun Manggarai - Terminal Bekasi (2 unit bus)

2. Senin 18 Mei 2020 (jam keberangkatan 05.00 WIB - 06.00 WIB)

Rute hanya Bogor - Jakarta dengan titik keberangkatan dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Dukuh Atas Sudirman Jakarta dengan jumlah armada 5 unit bus.



Simak Video "Penumpang Menumpuk Gegara KRL Cuma Sampai Manggarai"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)