Corona di Mana-mana, Angpau Lebaran Mending Pakai Uang Elektronik

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 16 Mei 2020 15:50 WIB
THR PNS
Foto Ilustrasi (Tim infografis: Fuad Hasim)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat masyarakat tak bisa lagi beraktivitas normal seperti biasa. Termasuk saat hari raya Idul Fitri dan saat membagi-bagikan angpau Lebaran.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group (AAG) Andy Nugroho menjelaskan membagikan salam tempel lebaran bisa dilakukan dengan cara non tunai.

Misalnya menggunakan uang elektronik atau ewallet. "Karena kita kan harus social distancing juga selama pemerintah belum melonggarkan PSBB. Jadi untuk salam tempel bisa menggunakan ewallet atau uang elektronik," kata Andy saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/5/2020).


Dia mengungkapkan uang elektronik dan ewallet ini bisa mencegah penularan COVID-19 dari uang kertas. Selain itu uang elektronik juga bisa lebih mudah dikirimkan ke nomor handphone penerima. Apalagi saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan uang elektronik atau dompet elektronik.

Memang, salam tempel elektronik akan berbeda dengan salam tempel yang biasa dilakukan. Karena tidak bisa langsung diberikan kepada orang-orang.

"Kalau uangnya cash kan bisa langsung dikasih, seperti ke anak-anak kecil yang ditemui di rumah saudara, walaupun kita nggak tahu itu anak siapa. Kalau uang elektronik agak sulit memang," kata dia.

Menurut Andy, masyarakat juga bisa menunda dulu pembagian uang lebaran kepada keponakan dan saudara hingga situasi lebih kondusif.



Simak Video "Ini Versi Asli Lagu 'Selamat Lebaran' yang Penuh Kritik Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)