Jelang Lebaran, Stok Beras di Daerah Aman?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 18 Mei 2020 06:28 WIB
Pekerja mengangkut beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Perum Bulog pastikan stok beras mencukupi untuk mengatasi kebutuhan lonjakan pangan dalam kondisi tidak terduga, sekaligus dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz
Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Jakarta -

Perum Bulog memastikan ketersediaan pangan menuju Lebaran dalam kondisi aman. Bahkan beberapa provinsi yang sempat disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami defisit beras dinilai sudah terkendali.

"Alhamdulillah saat ini sudah tersedia semua. Jadi tidak perlu khawatir saudara-saudara kita yang ada di 7 provinsi, Bulog sudah standby semua stok yang ada di gudang di seluruh Indonesia," kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog, Tri Wahyudi Saleh dikutip dari YouTube BNPB, Minggu (17/5/2020).

Tri Wahyudi mengatakan, pihaknya sudah melakukan penyebaran stok di provinsi yang sempat mengalami defisit tersebut.

"Kami sudah melakukan penyebaran stok dari Sulawesi Selatan karena di sana masih panen juga, kemudian Nusa Tenggara Barat (NTB), dikirim juga ke Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Bali, kemudian dari Jawa kami juga kirim ke beberapa daerah di Sumatera dan Kalimantan," ucapnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyebut ada 7 provinsi yang mengalami defisit beras. Provinsi tersebut antara lain Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Bangka Belitung, Maluku, Maluku Utara, hingga Kalimantan Utara.


"Sesuai yang disampaikan Bapak Presiden, ada 7 provinsi yang defisit. Setelah kita intervensi, maka yang tersisa adalah Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Bangka Belitung (Babel), dan Maluku Utara," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam rapat kerja virtual bersama Komisi IV DPR RI, Senin (4/5/2020) lalu.

Bagaimana pasokan pangan saat ini? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menko Airlangga Pastikan Stok Beras Aman Sampai Akhir 2020"
[Gambas:Video 20detik]