Diminta Erick Thohir Siapkan Skema New Normal, Ini Respons Garuda

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 18 Mei 2020 11:03 WIB
Dirut Garuda Irfan Setiaputra
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra/Foto: Wirsad Hafiz/20detik
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir baru saja menerbitkan surat Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara. Erick meminta seluruh BUMN untuk menyiapkan skema new normal sesuai surat yang diterbitkannya.

Beberapa BUMN pun merespons perintah Erick. Tak terkecuali maskapai pelat merah, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan bahwa pihaknya kini sedang menyiapkan skema new normal yang diminta Erick Thohir. Dia menyebut saat ini skema new normal sedang disesuaikan dengan penerbangan Garuda.

"Sedang difinalisasi (skema new normal), karena kita juga kan harus masuk ke jasa penerbangan kita," kata Irfan lewat pesan singkat kepada detikcom, Senin (18/5/2020).

Sebagai informasi, dalam lampiran surat Nomor S-336/MBU/05/2020, disebutkan pegawai di bawah usia 45 tahun masuk kembali ke kantor dan usia 45 tahun ke atas kerja dari rumah atau work from home (WFH) pada 25 Mei 2020.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan, ketentuan dalam surat itu disesuaikan dengan kebijakan masing-masing daerah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Perlu diketahui bahwa mengenai tanggal-tanggal tersebut itu sesuai dengan PSBB suatu wilayah, kalau di wilayah tersebut masih PSBB maaf kita akan mematuhinya, misalnya PSBB bahwa karyawan tidak boleh bekerja maka kita akan mematuhi bahwa karyawan di daerah tersebut tidak bekerja, tapi misalnya PSBB telah dibuka maka protokol ini akan berlaku dengan sendirinya," papar Arya kepada wartawan, Minggu (17/5/2020).



Simak Video "Pramugari Garuda Pakai Face Shield Ketimbang Baju APD, Ini Kata Dokter"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)