Jack Ma Mundur dari Dewan SoftBank

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 18 Mei 2020 11:40 WIB
Bill Gates Jack Ma
Foto: Getty Images
Jakarta -

Co-founder Alibaba Jack Ma mengundurkan diri dari kursi dewan eksekutif SoftBank Group Corp. Ma memilih untuk fokus pada kegiatan filantropi.

Melansir Reuters, Senin (18/5/2020), SoftBank akan mengusulkan tiga penunjukan baru dalam kursi dewan, termasuk Chief Financial Officer grup Yoshimoto Goto, pada pertemuan umum tahunan di 25 Juni mendatang. Dengan begitu jumlah anggota dewan akan bertambah menjadi 13 orang.

Selain Yoshimoto, SoftBank juga akan mengusulkan Lip-Bu Tan, CEO perusahaan perangkat lunak desain chip Cadence Design Systems yang juga ketua perusahaan modal ventura Walden International, serta Yuko Kawamoto, seorang profesor di Waseda Business School.

Kawamoto akan menjadi satu-satunya anggota dewan perempuan. Hal itu memenuhi permintaan dari aktivis investor Elliott Management, yang telah menekan SoftBank untuk meningkatkan keragaman dewan, dan juga menginginkan subkomite baru untuk mengawasi proses investasi di Vision Fund senilai US$ 100 miliar.

Para dewan sebagian besar terdiri dari orang dalam SoftBank dan orang kepercayaan. Orang kepercayaan itu termasuk Yasir al-Rumayyan, yang mengepalai dana kekayaan berdaulat Arab Saudi yang merupakan pendukung luar terbesar dari Vision Fund's.

Keluarnya Ma menyusul kepergian Tadashi Yanai, pendiri dan CEO dari induk Uniqlo Fast Retailing, yang sudah mengundurkan diri anggota dewan SoftBank sejak akhir tahun lalu. Dia memutuskan untuk fokus pada bisnis fashion-nya.



Simak Video "Jack Ma Bicara Soal Kunci Sukses Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)