Pengelola Tunggu Keputusan Anies Buat Buka Kembali Mal di Jakarta

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 18 Mei 2020 12:40 WIB
Gelap dan Sepi, Suasana Baru Mal Jakarta di Malam Minggu
Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Pusat-pusat perbelanjaan rencananya akan kembali dibuka pada 8 Juni 2020 setelah beroperasi terbatas dan sebagian ditutup total sementara imbas pandemi COVID-19. Pembukaan tersebut akan berlaku jika tak ada perubahan jadwal.

Namun untuk pembukaan kembali mal-mal di Jakarta, pengelola pusat perbelanjaan masih menunggu kepastian dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Sampai dengan saat ini kami belum mendapatkan konfirmasi resmi tentang hal tersebut dari pemerintah daerah," kata Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja kepada detikcom, Senin (18/5/2020).

Menurut dia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah pihak yang paling berwenang untuk menentukan hal tersebut di ibu kota.

"Jadi menurut saya agar supaya tidak menjadi simpang siur dan membingungkan masyarakat maka sebaiknya kita tunggu pemberitahuan resmi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," jelasnya.

Sementara itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Perekonomian sudah pernah mengajak pihaknya mendiskusikan rencana pembukaan kembali pusat-pusat perbelanjaan.

"Setahu kami saat ini pemerintah masih mengkaji semua aspek terkait pemulihan ekonomi ataupun pelonggaran pembatasan (sosial)," tambahnya.



Simak Video "Daftar 80 Mal di Jakarta yang Mulai Buka Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)