Siapa yang Siap Belanja? Mal di Jakarta Buka Lagi 8 Juni

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 18 Mei 2020 17:00 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Siapa yang sudah kangen belanja di mal? Atau sekadar keliling mal untuk menghilangkan penat? Kabar baik, karena jika tak ada perubahan mal di wilayah DKI Jakarta dalam waktu dekat akan kembali dibuka tepatnya 8 Juni 2020.

"8 Juni DKI (mal kembali dibuka) sementara ini infonya," kata Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Budihardjo Iduansjah kepada detikcom, Minggu (17/5/2020).

Meski begitu, aktivitas di mal akan berubah 180 derajat. Mengingat situasi yang masih dibayangi pandemi virus Corona (COVID-19). Pengoperasian mal setelah dibuka nanti akan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Berdasarkan dokumen protokol bagi karyawan dan pengunjung mal untuk pencegahan penyebaran COVID-19 yang diterima detikcom, pengunjung diwajibkan untuk menjaga jarak (physical distancing) minimal 1,5 meter saat berinteraksi.

Tidak hanya saat memasuki area mal, setiap pengunjung yang ingin memasuki toko seperti salon hingga area permainan akan juga dilakukan pengecekan suhu tubuh. Jika suhu melebihi 37,4 derajat celcius, pengunjung tidak diperbolehkan masuk.

Saat mal beroperasi, baik karyawan maupun pengunjung diwajibkan menggunakan masker selama wira-wiri di mal. Hand sanitizer juga akan disediakan di setiap titik orang akan melakukan interaksi seperti di akses masuk, hingga area kasir.

Melayani pengunjung dengan bersentuhan sangat diminimalisir. Di area permainan misalnya, petugas kasir akan menyiapkan nampan kecil untuk digunakan sebagai media menaruh-menerima uang tunai dan Kartu Bermain untuk menghindari terjadinya kontak fisik.



Simak Video "Mal Buka Lagi 5 Juni, Anies: Itu Imajinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)