Pasar Tanah Abang Ramai, PD Pasar Jaya Buka Suara

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 18 Mei 2020 17:50 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Kawasan Pasar Tanah Abang tepatnya di Jl. Jati Baru II ramai di saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih diterapkan. Sejumlah pedagang menggelar lapaknya hingga memancing masyarakat untuk mendatangi dan berkerumun.

Menanggapi itu, Manajer Bidang Umum dan Humas PD Pasar Jaya Gatra Vaganza menegaskan kawasan yang ramai tersebut bukan dikelola oleh PD Pasar Jaya. Pasar Tanah Abang yang dikelolanya khusus untuk Blok A, B, F dan G.

"Bukan (PD Pasar Jaya yang kelola). Saya kurang tahu siapa yang mengelola, mungkin wilayah kalau seperti itu. PD Pasar Jaya bukan mengelola kawasan Tanah Abang, tetap ada blok-bloknya. Kita tetap ada gedungnya. Di situ ada Metro Tanah Abang, itu bukan punya kita," kata Gatra kepada detikcom, Senin (18/5/2020).

Ia memastikan kawasan yang berada di bawah pengelolaannya masih tutup. Hanya blok G saja yang masih buka, itu pun hanya pedagang yang berjualan jenis bahan pangan.

"Sekarang kondisinya semuanya tutup, (Blok) A, B, F. Kalau G karena ada beberapa pedagang penjual makanan itu kemungkinan mereka masih. Ada yang buka tapi sifatnya mereka menjual bahan kebutuhan pokok pangan. Tapi untuk tekstil di blok A, B, F, itu tutup belum buka pasarnya sampai sekarang," ucapnya.

Sampai saat ini tidak ada pelonggaran PSBB yang diterapkan. Jika pun ada pedagang yang berjualan di trotoar, ia menyebut kemungkinan itu memang pedagang yang berjualan di situ dan tak menjadi kewenangan PD Pasar Jaya.

"(Pada buka di trotoar) kita kan nggak tahu pedagang mana. Takutnya pedagang kaki lima yang sebelumnya memang ada di situ. Sebelumnya (pedagang) kaki lima yang didekat jembatan memang dari dulu sudah ada dan tidak masuk dalam pengelolaan PD Pasar Jaya," tegasnya.



Simak Video "Pedagang Positif Corona, Pasar Tanah Abang Tetap Ramai Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)