Pasar Tanah Abang Bakal Ikut Buka 8 Juni?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 18 Mei 2020 19:15 WIB
Pejalan kaki melintasi Skybridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang di Jakarta, Jumat (3/4/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperpanjang penutupan sementara sejumlah pasar yang berada di bawah pengelolaan Pemrov DKI Jakarta hingga 19 April sebagai bentuk pencegahan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pras.
Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Jakarta -

Pusat perbelanjaan termasuk di pasar direncanakan akan kembali dibuka pada 8 Juni 2020 jika tak ada perubahan. Namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Menanggapi rencana tersebut, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan pembukaan Pasar Tanah Abang masih menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Kami menunggu arahan dari Pemprov," kata Arif kepada detikcom, Senin (18/5/2020).

Dihubungi secara terpisah, Manajer Bidang Umum dan Humas PD Pasar Jaya Gatra Vaganza mengatakan Pasar Tanah Abang akan terus tutup selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih diterapkan.

"Prinsipnya kita ngikutin PSBB itu saja. Selama PSBB masih berlaku, Tanah Abang belum kita buka untuk yang di bawah Pasar Jaya ya, kita kan hanya mengelola Blok A, B, F dan G. Lain dari itu kami nggak tahu," ucapnya.

Jika kondisi normal, Gatra menyebut operasional Pasar Tanah Abang akan tutup dua hari sebelum Lebaran dan akan kembali buka setelah 7 hari Lebaran. Itu pun dengan kondisi pasar masih sepi dan baru kembali ramai menjelang Idul Adha.

"(Pasar Tanah Abang dibuka 8 Mei) agak sulit kami prediksi. Cuma dengan kondisi dan skenario saat ini jelas mungkin tahun-tahun sebelumnya nggak bisa dijadiin benchmark," imbuhnya.

Jika memang 8 Juni nanti Pasar Tanah Abang diizinkan kembali buka, Gatra bilang, akan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan penyebaran COVID-19.

"Kayak cuci tangan sebelum masuk, kita taruh tempat cuci tangan, terus (pemeriksaan menggunakan) gun thermal, wajib masker, itu kita lakukan," tegasnya.



Simak Video "Begini Kondisi Pasar Tanah Abang Saat New Normal Berlaku di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)