Pindah Haluan, Bos Disney Jadi CEO TikTok

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 19 Mei 2020 11:40 WIB
Tyumen, Russia - January 21, 2020: TikTok and Facebook application  on screen Apple iPhone XR
Foto: iStock
Jakarta -

Kepala layanan streaming Disney, Kevin Mayer segera berpindah haluan. Dia akan meninggalkan Disney untuk menjadi chief executive officer (CEO) TikTok, aplikasi video populer yang dimiliki oleh China ByteDance Technology Co.

Melansir Reuters pada Selasa (19/5/2020), penunjukan Mayer akan berlaku efektif 1 Juni. Mayer juga akan merangkap jabatan sebagai chief operating officer (COO) dari ByteDance.

"Perusahaan mana pun di sektor kami (teknologi), akan senang memilikinya," ujar juru bicara ByteDance.

Spekulasi tentang masa depan Mayer mulai panas diperbincangkan sejak bulan Februari lalu. Tepatnya, setelah Disney menunjuk Robert Chapek sebagai CEO, bukan Mayer. Kurangnya pengalaman operasionalnya adalah alasan utama dia tidak mendapatkan jabatan teratas.

Bersama Disney, Mayer telah memimpin peluncuran layanan streaming Disney+. Program ini mengumpulkan lebih dari 50 juta pelanggan dalam lima bulan.

Rebecca Campbell, pegawai veteran Disney yang sudah bekerja selama 23 tahun akan menggantikan posisi Mayer. Kepemimpinannya mencakup unit media streaming yang diandalkan Disney untuk mendorong pertumbuhan di masa depan.

TikTok sendiri memberikan layanan kepada penggunanya untuk membuat video pendek dengan efek-efek khusus. Hal ini pun telah menjadi sangat populer di kalangan remaja Amerika Serikat, mereka melakukan tantangan viral berjoget dengan klip musik yang diambil dari koleksi dalam aplikasi.

Mereka pun saat ini telah mengisyaratkan ambisi untuk membangun bisnis streaming musik. Mereka mengumumkan pada bulan Januari, akan menjalin mitra dengan agensi hak cipta musik yang berbasis di Merlin untuk memperluas pilihan musiknya.



Simak Video "Siap-siap! Disney+ Hadir di Indonesia Bulan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)