Ada Pelatihan 'Tandingan' Gratis, Kartu Pra Kerja Punya yang Rp 0

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 19 Mei 2020 13:35 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Beberapa hari ini publik dikagetkan oleh kemunculan situs prakerja.org. Gerakan ini mengklaim untuk menjadi tandingan program Kartu Pra Kerja besutan pemerintah.

Mereka menyediakan pelatihan online yang bersaing dan juga tidak memungut biaya sama sekali alias gratis. Berbeda dengan program Kartu Pra Kerja yang pelatihannya berbayar.

Menanggapi kemunculan website tersebut, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Pra Kerja Deni Puspa Purbasari mengklaim programnya juga memberikan pelatihan gratis.

"Sekarang pun ada (pelatihan) di digital platform kami yang kasih Rp 0," ujar Deni dalam talkshow bersama Gugus Tugas COVID-19, Selasa (19/5/2020).

Deni juga mengatakan program Kartu Pra Kerja terbuka untuk masyarakat, bahkan untuk pengembangan modul pelatihannya. Dia mengajak semua pihak untuk ikut andil dalam membuat modul dalam program Kartu Pra Kerja.

Bahkan, menurut Deni kalaupun mau memberikan pelatihan gratis untuk peserta Pra Kerja pun bisa. Pembuat modul tinggal melakukan setting pada harga modul di platform digital menjadi Rp 0-1. Malah menurut Deni, hal ini memberikan kesempatan luas untuk peserta bisa mendapatkan pelatihan sebanyak-banyaknya.

"Kalau mau didonasikan, silakan modulnya dibawa ke tempat kami. Taruh aja di platformnya dengan harga Rp 1 atau boleh juga Rp 0. Jadi kalau peserta yang sudah habis uang pelatihan Rp 1 jutanya, bisa ambil pelatihan lebih banyak karena gratis," jelas Deni.



Simak Video "Pendaftar Kartu Pra Kerja Tembus 8,4 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)