Sempat Dipadati Penumpang, Pemeriksaan di Soetta Tambah Ketat

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 20 Mei 2020 10:58 WIB
Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) melakukan perubahan jalur pemeriksaan berkas izin perjalanan. Sebagaimana diketahui kemarin penumpang berdesak-desakan.
Foto: Ari Saputra

Selain itu Awaluddin juga tengah mempersiapkan suatu sistem pemeriksaan dokumen secara digital. Menurutnya, prosedur keberangkatan penumpang pesawat ini kemungkinan besar menjadi New Normal bagi industri penerbangan di tengah pandemi global COVID-19, maka dari itu pihaknya mau menyiapkan sistem yang sederhana namun tetap ketat.

"Saat ini penumpang datang ke bandara untuk kemudian dilakukan pengecekan secara manual oleh petugas. Kami tengah menyiapkan supaya ke depannya seluruh dokumen yang dipersyaratkan bisa diunggah ke aplikasi Indonesia Airports. Setelah mengunggah dokumen, penumpang akan mendapat QR Code," kata Awaluddin.

Sebelumnya, pada Kamis (14/5/2020) yang lalu publik sempat dihebohkan dengan viralnya antrean panjang di Bandara Soetta. Penumpang di Terminal 2E pagi itu dilaporkan berdesak-desakan. Salah seorang penumpang bernama Reza Fahlevi mengatakan kepadatan terjadi mulai dari pintu masuk dan tidak ada penerapan physical distancing.

"Begitu masuk Terminal 2E, tidak ada kejelasan, dan dari pintu masuk sudah terjadi penumpukan tanpa adanya penerapan physical distance, saya sampai desak-desakan. Saya di airport jam 06.20 WIB," kata Reza kepada detikcom.

Akibatnya, AP II selaku operator bandara ditegur oleh Kementerian Perhubungan. Berdasarkan hasil investigasi Ditjen Perhubungan Udara, membuktikan terdapat pelanggaran terhadap penerapan physical distancing pada areal bandara.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati pun mengatakan telah memberikan surat peringatan kepada Angkasa Pura II yang telah lalai melakukan penerapan jarak sosial pada operasionalnya.

"Hasil investigasi kami menunjukkan bahwa terdapat pelanggaran terhadap penerapan physical distancing oleh operator bandar udara, sehingga kami memberikan surat peringatan agar hal seperti ini dapat diantisipasi dengan baik dan tidak kembali terulang," terang Adita dalam keterangannya, Selasa (19/5/2020).

Halaman


Simak Video "WNA Dilarang Masuk ke RI, Bagaimana Kondisi Bandara Soetta?"
[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)