RI Sudah Bisa Produksi 55 Produk Anti-Corona, Masih Perlu Impor?

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 20 Mei 2020 13:58 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) hari ini meluncurkan 55 produk riset, teknologi dan inovasi yang ditujukan untuk percepatan penanganan COVID-19. Dengan adanya produk itu, Indonesia kini tidak perlu lagi impor.

55 produk itu resmi diluncurkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia juga sempat mengecek langsung 9 produk dari 55 produk yang resmi diluncurkan itu.

"Dari yang saya lihat kemarin saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya import sekarang ini kita bisa mandiri. Karena kita bisa produksinya sendiri dan lebih dari itu kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri.

Dia berharap produk-produk tersebut bisa langsung diproduksi secara massal. Dengan begitu Indonesia diharapkan bukan hanya berhenti impor alat kesehatan tapi juga bisa melakukan ekspor untuk produk kesehatan.

"Karya-karya itu jangan berhenti di laboratorium jangan juga hanya sebatas prototype saja tapi harus terus berlanjut. Harus bisa diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik kita dan juga bisa ekspor ke mancanegara," tuturnya.

Dia berharap para investor dan pelaku industri tertarik untuk ikut serta mengembangan 55 produk tersebut.

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro menambahkan, 55 produk tersebut merupakan hasil dari Konsorsium COVID-19. Isinya bukan hanya para peneliti atau perekayasa tapi juga dari berbagai sektor.

"Lahir dari kerjasama berbagai stakeholder, kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, perguruan tinggi, industri bumn dan swasta, asosiasi profesi terkait kesehatan dan rumah sakit," tambahnya.

Berikut 9 produk buatan anak Indonesia yang dilihat langsung oleh Jokowi:

1. PCR Test Kit COVID-19
2. Rapid Diagnostics Test IgG/IgM Covid-19
3. Emergency Ventilator VENT-I
4. Imunomodulator Herbal Asli Indonesia
5. Plasma Convalesence
6. Mobile Lab Biosafety Level 2
7. Sistem AI untuk deteksi COVID-19
8. Medical Assistant Robot Raisa dan Autonomous UVC Mobile Robot
9. Powered Air Purifying Respirator



Simak Video "Update! Kasus Positif Covid-19 di RI Capai 109.936 Per 1 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)