Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Mei 2020 17:30 WIB

Ini Situs Tandingan Pra Kerja Jokowi, Semuanya Gratis Lho

Anisa Indraini - detikFinance
kartu pra kerja Ilustrasi/Foto: Luthfy Syahban/Tim Infografis
Jakarta -

Situs prakerja.go.id besutan pemerintah kini punya tandingan yakni prakerja.org. Situs alternatif ini sengaja dibuat sebagai bentuk kritik terhadap pemerintah untuk program Kartu Pra Kerja.

Inisiator prakerja.org, Andri W Kusuma mengatakan situs tandingan tersebut dibuat karena pemerintah dinilai boros dalam menggunakan uang negara. Padahal untuk pelatihan yang ada di prakerja.go.id bisa didapatkan secara gratis.

"Jadi ini bentuk nyinyir kita kepada program pemerintah ya. Sebenarnya bisa gratis," kata dia saat dihubungi detikcom, Selasa (19/5/2020).

Menurut Andri, saat ini orang-orang yang dirumahkan atau di-PHK lebih membutuhkan bantuan langsung tunai (BLT) bukan dalam bentuk pelatihan berbayar.

"Masa orang lagi susah dan butuhnya makan diminta ambil pelatihan. Uangnya dari pemerintah dan ikut pelatihan diambil lagi berarti sama pemerintah. Ini sepertinya kurang manusiawi," ujarnya.

Mengutip laman resmi prakerja.org, disebutkan bahwa pelatihan-pelatihan yang diberikan tanpa biaya alias gratis. Berbeda dengan program Pra Kerja pemerintah yang menyediakan dana Rp 1 juta untuk pelatihan setiap peserta.

"Prakerja.org adalah bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu Pra Kerja. Lihat manifesto lengkap kami. Anda bisa bergabung dalam aksi nyata dengan menghubungi kami di admin@prakerja.org," tulis pengumuman tersebut.



Simak Video "Pendaftar Kartu Pra Kerja Tembus 8,4 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com