RI Harus Waspada Serangan Gelombang Kedua Corona

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 22 Mei 2020 18:50 WIB
New Normal di Bandara
New normal di bandara/Foto: Dok. Angkasa Pura I
Jakarta -

Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia harus waspada gelombang kedua Corona. Dia mengatakan meskipun grafik Corona sudah menunjukkan penurunan di beberapa negara, namun terdapat beberapa titik baru yang bermunculan dan riset juga menunjukkan adanya gelombang kedua.

Maka dari itu, Luhut mengingatkan bahwa masyarakat tetap harus disiplin dan melaksanakan PSBB dan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini dikatakan Luhut dalam pertemuannya dengan rektor-rektor Universitas Islam Negeri dan Perguruan Tinggi lainnya, dalam keterangan tertulis Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Jumat (22/5/2020)

"Indonesia perlu waspada dengan gelombang kedua dan masyarakat tetap disiplin dalam melaksanakan PSBB dan protokol kesehatan yang ada. Kita wajib memberikan pemahaman kepada masyarakat, ini penting sekali," ujar Luhut.


Lebih lanjut Luhut bicara mengenai cara pemerintah menangani wabah Corona. Dari segi kuratif, dia menjelaskan pemerintah telah membuat sederet rumah sakit darurat, hingga penyediaan alat pelindung diri.

"Fokus pemerintah dalam penanganan COVID-19 terbagi menjadi dua yaitu segi kuratif seperti pembangunan rumah sakit darurat, alokasi dana pemerintah pusat dan daerah, dan alat pelindung diri," jelas Luhut.

Ada juga segi preventif, yaitu melakukan sosialisasi informasi mengenai kesehatan melalui media sosial dan media massa.

"Kemudian, dari segi preventif dan promotif dapat dilakukan melalui upaya seperti diseminasi informasi terkait promosi kesehatan melalui media sosial dan media massa, alokasi anggaran promosi kesehatan, pengawasan aktif, dan upaya kesehatan masyarakat," papar Luhut.



Simak Video "Bagaimana Penerapan Skema New Normal di KRL?"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)