Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Mei 2020 23:11 WIB

Sandiaga Uno: Hampir 80% yang di Kabinet Teman Saya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Tim blak-blakan detikcom berkesempatan melakukan wawancara dengan Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Salahudin Uno, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Grandyos Zafna/detikcom Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Sandiaga Uno bicara soal Kabinet Indonesia Maju. Menurut pria yang beken disapa Sandi itu, mayoritas menteri di kabinet Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin itu adalah temannya.

Alhasil, jika ingin memberikan kritik atau masukan cukup telepon saja.

"Hampir 80% kali itu yang ada di kabinet teman saya, Mendag segala macam. Semisal ada kebijakan kurang tepat, saya tinggal angkat telepon bicara langsung ke mereka," ujar Sandi dalam sebuah diskusi webinar bertajuk The New Normal Ekonomi-Politik Indonesia, Jumat (22/5/2020).

Sandi juga menjelaskan prinsipnya dalam mengkritik pemerintah. Menurutnya apabila itu kritik lebih baik disampaikan langsung secara privat tanpa perlu bicara banyak di depan umum.


Sebaliknya jika ada pujian untuk pemerintah dia akan memilih membicarakannya di depan umum.

"Prinsip saya begini, kalau masukan lebih baik private saya bilang langsung ke orangnya. Kalau saya mau memuji, baru lebih baik ke public," ujar Sandi.

Sandi menambahkan kabinet saat ini sudah sesuai keinginan Jokowi dan mampu untuk mencapai visi misi Presiden 5 tahun ke depan. Dia menilai dirinya sendiri akan lebih optimal mengawasi pemerintahan dibanding masuk ke dalam pemerintahan saat ini.

"Saya nggak mau berandai-andai lah, saya melihat bahwa kabinet sekarang merupakan hasil kompromi politik dan bisa mencapai agenda yang ingin dicapai Presiden selama 5 tahun ke depan," kata Sandi.



Simak Video "Sandiaga Kenang Sosok Kepemimpinan Djoko Santoso"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com