Pasar Ramai Jelang Lebaran, Pedagang: Jangan Salahkan Kami

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 23 Mei 2020 16:26 WIB
Suasana pasar Kebayoran Lama
Foto: Suasana pasar Kebayoran Lama/Ahmad Bil Wahid-detikcom
Jakarta -

Sejumlah pasar tradisional dipadati masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Mulai dari pasar di DKI Jakarta hingga Bekasi.

Sejumlah pasar yang dipadati pembeli di antaranya adalah Pasar Senen, Pasar Jatinegara, Pasar Palmerah, Pasar Kebayoran Lama, dan Pasar Kramat Jati. Kemudian, Pasar Rawalumbu, Kota Bekasi juga tak kalah ramai akan pengunjung.

Padahal, semua kawasan tersebut masih menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus Corona (COVID-19).

Dari beberapa pasar tersebut, terpantau banyak pedagang yang tak mengenakan masker. Kepadatan pengunjung juga menunjukkan tak adanya physical distancing di dalam pasar. Kepadatan di pasar tak bisa dihindari jelang Lebaran.

Menurut Wakil Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran dalam memaksimalkan kebijakan PSBB di setiap pasar tradisional tidak bisa mengandalkan para pedagang. Bahkan, ia mengkritik keras pemerintah yang menerapkan PSBB, namun menurutnya tak menurunkan petugas untuk menertibkan kegiatan pasar.

"Pejabat terkait sudah tahu kondisinya begitu. Di mana peran pengelola pasar? Trantib? Kok hanya nguber-nguber?" tutur Ngadiran kepada detikcom, Sabtu, (23/5/2020).

Berlanjut di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "dr Reisa: Lebih dari 400 Pedagang di 93 Pasar Tradisional Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]