Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 23 Mei 2020 17:00 WIB

Duh! Harga Gula dan Bawang Merah Masih Tinggi Jelang Lebaran

Vadhia Lidyana - detikFinance
Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok seperti bawang merah, gula hingga daging ayam terus merangkak naik dejak awal Ramadhan. Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pada H-1 perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah, harga-harga komoditas pangan terpantau naik, di antaranya ayam dan daging sapi. Tak lupa juga bawang merah dan gula yang harganya kian melambung tinggi.

Namun, menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, harga-harga komoditas tersebut stabil, terutama di Pasar Senen, Pasar Serpong, dan Pasar BSD.

"Hari ini saya ke Pasar Senen, Pasar Serpong dan Pasar BSD. Harga-harga relatif stabil seperti harga ayam, harga daging sapi. Harga bawang putih dan bombai juga sudah jauh turun," kata Agus dalam keterangan resminya, Sabtu (23/5/2020).

Untuk bawang merah dan gula, ia mengakui harganya masih sangat tinggi di tingkat konsumen. Perlu diketahui, harga acuan gula di tingkat konsumen yakni Rp 12.500/kg, sementara harga normal bawang merah berada di kisaran Rp 25.000-30.000/kg.

"Hanya 2 komoditi yaitu bawang merah dan gula harganya masih di atas HET (harga eceran tertinggi). Namun dengan operasi pasar yang terus dilakukan ini, perlahan harga komoditi bapok (bahan pokok) tersebut turun. Saat ini harga rata-rata gula secara nasional telah mengalami penurunan sebesar 10,38% dibandingkan dengan bulan lalu sehingga menjadi Rp 16.000/kg," jelas Agus.

Agus mengatakan, penyebab harga gula melonjak ini salah satunya proses distribusi yang terhambat karena penyebaran virus Corona (COVID-19). Ia berpendapat, dengan upaya pemerintah mengguyur ritel modern dengan pasokan gula, maka harga di pasar tradisional akan ikut turun.

"Kalau barangnya sudah ada, pemerintah bisa memasok ke pasar modern atau toko ritel. Berikan stok yang banyak ke ritel, karena toko ritel takut kalau menjual di atas HET. Kalau stok gula di toko ritel banyak, mau tidak mau yang di pasar tradisional akan turun," tuturnya.

Sebagai informasi, berdasarkan pantauan detikcom di Pasar Rawalumbu, Kota Bekasi harga ayam melejit di H-1 Lebaran. Harga ayam tembus Rp 60.000/ekor. Lalu, harga daging sapi tembus Rp 140.000/kg, bawang merah Rp 65.000/kg, dan gula masih tembus Rp 18.000-19.000/kg.



Simak Video "Mendag: Jumlah Pedagang Pasar Turun 29% Gegara Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com