Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 24 Mei 2020 08:30 WIB

Awas Gelombang Kedua Corona, New Normal Jangan Kebablasan!

Soraya Novika - detikFinance
Poster Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Pemerintah sedang menyiapkan rencana new normal alias hidup dalam kondisi baru di tengah wabah Corona (COVID-19). Namun, new normal harus diikuti sikap disiplin yang tinggi, jika tidak maka Indonesia harus berhadapan dengan second wave alias gelombang kedua serangan Corona.

Wanti-wanti tersebut disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kalau nanti sudah new normal kita nggak disiplin, kembali kepada cara-cara yang tidak disiplin bisa timbul lagi second wave, gelombang kedua, itu kan bahaya," ujar Luhut dalam wawancara bersama RRI Pro 3 dikutip detikcom, Sabtu (23/5/2020).


Menurutnya hanya sikap disiplin yang dapat membantu menekan penyebaran virus Corona hingga lebih dari 60%.

"Jadi kita semua, saya dah bilang di mana saja, kita kumandangkan promosikan sebarluaskan untuk patuh pada protokol kesehatan. Itu kunci. Kalau itu dilakukan akan mengurangi lebih dari 60% potensi dari penularan tadi," sambungnya.

Meski saat ini masih berlaku PSBB, banyak masyarakat yang justru melanggar terang-terangan kebijakan tersebut. Luhut juga mengakui pemerintah banyak kekurangan di awal saat memastikan kedisiplinan benar-benar dijalankan masyarakat.

"Pemerintah mungkin memang ada yang kurang di awal, tetapi sekarang sudah agak bagus. Kita belajar terus, dan kita perbaiki dan saya kira sekarang makin baik. Jujur harus saya katakan nggak happy lah melihat itu, kan kasihan kadang-kadang rakyat kita ini banyak yang ga sadar bahwa kalau dia masuk ke daerah-daerah padat tanpa masker tanpa jaga jarak, peluang dia tertular itu tinggi. Tinggi sekali. Untuk itu, kita ini semua tokoh-tokoh lah yang merasa dirinya tokoh lah atau yang merasa dirinya intelektual lah, itu harus melakukan sosialisasi terus menerus," tutupnya.



Simak Video "Bagaimana Penerapan Skema New Normal di KRL?"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com