Berharta Rp 526 T, Anak Muda Ini Melesat Jadi Terkaya ke-3 di China

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 25 Mei 2020 12:40 WIB
colin huang
Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Pria terkaya ketiga di Tiongkok kini diduduki salah satu pengusaha termuda di negara itu, Colin Zheng Huang yang baru berusia 40 tahun. Kekayaannya melejit berkat perusahaan e-commerce Pinduoduo yang dibangun pada 2015.

Mengutip Forbes, Senin (25/5/2020), jumlah kekayaannya mencapai US$ 35,6 miliar atau setara dengan Rp 526,88 triliun (kurs Rp 14.800/US$). Setelah kenaikan harga sahamnya sebesar 14,5% pada Jumat lalu.

Kini kekayaan bersihnya menempatkannya di belakang dua perusahaan internet raksasa di China. Pertama, Pendiri Tencent, Ma Huateng yang senilai US$ 46,4 miliar atau setara Rp 686,72 triliun. Kedua, pendiri Alibaba, Jack Ma senilai US$ 41,3 miliar atau setara Rp 611,24 triliun.

Saham Pinduoduo meroket selama dua bulan terakhir di tengah meningkatnya permintaan untuk belanja online selama pandemi Corona. Berdasarkan laporan pendapatan perusahaan, pembeli aktif dalam 12 bulan yang berakhir 31 Maret 2020 naik menjadi 628 juta orang, dari 443 juta orang tahun lalu. Rata-rata pengeluaran per pembeli juga meningkat 47% menjadi US$ 260.

Perusahaan mencatat pendapatan sebesar US$ 923,8 juta pada kuartal pertama, naik 44% dari periode yang sama pada tahun 2019. Kerugian bersihnya juga melebar menjadi US$ 582 juta, naik sekitar 120% dari tahun sebelumnya.

"COVID-19 telah mengubah cara kita hidup, bekerja dan bermain. Ini telah menekan perubahan perilaku selama bertahun-tahun dan mempercepat adopsi perdagangan online pada kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Huang.

Perusahaan ini meluncurkan fitur streaming langsung ke semua merchant pada Januari, sehingga memudahkan konsumen untuk membeli produk seperti perhiasan atau makanan laut hidup, yang disukai pembeli untuk melihatnya secara langsung. Mereka juga mengadakan pameran streaming langsung di pusat pertanian selama pandemi Corona untuk menyoroti spesialisasi yang diproduksi secara lokal.

Pinduoduo berencana untuk menginvestasikan US$ 7 miliar (RMB 50 miliar) selama lima tahun ke depan. Hal itu dilakukan untuk mengembangkan infrastruktur guna membantu petani menjual produk mereka secara online.

Sekadar informasi, Huang merupakan pria jurusan ilmu komputer yang menyandang gelar master dari University of Wisconsin di Madison. Dia pernah magang di Microsoft saat menjadi mahasiswa dan memutuskan untuk bekerja di Google setelah lulus pada 2004.

Dia kemudian memutuskan untuk berdiri sendiri, mendirikan perusahaan game online Xinyoudi dan platform e-commerce Ouku.com sebelum menjadi besar dengan Pinduoduo.



Simak Video "Peringati HANI 2020, Maruf: Anak Muda Hidup Bahagia Tanpa Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)