PSBB DKI Kelar 4 Juni, Jadinya Kapan Nih Mal Dibuka Lagi?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 25 Mei 2020 13:50 WIB
Gelap dan Sepi, Suasana Baru Mal Jakarta di Malam Minggu
Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan mal-mal bisa operasional kembali 5 Juni 2020. Hal itu karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB) wilayah Jakarta yang akan berakhir 4 Juni 2020.

"Kan PSBB tanggal 4 selesai, ya tentu kita beranggapan tanggal 5 sudah boleh buka dong. Sekarang ditutup karena ada PSBB, di kota-kota lain nggak ada PSBB, buka," kata Ellen kepada detikcom, Senin (25/5/2020).

Saat ini pihaknya sedang meminta para tenant untuk menyiapkan pembukaan mal setelah dua bulan tak beroperasi. Berbagai persiapan itu mulai dari protokol kesehatan yang akan diterapkan, karyawan, hingga barang yang akan dijajakan.

"Karena untuk buka satu tenant itu nggak gampang. Mereka juga harus persiapin karyawannya ready nggak, barangnya ready nggak. Kayak restoran bahan bakunya kan harus dikirim lagi karena sudah dua bulan tutup. Waktu itu sudah dibawa karena nggak boleh disimpan di sana (di mall) biar baru. Semua sedang melakukan persiapan," ucapnya.

Menurutnya, pembukaan mal memang harus segera dilakukan. Mengingat ekonomi yang sudah hancur dan banyak karyawan terdampak, seperti tidak digaji hingga dilakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Jadi kita mau nggak mau, senang tidak senang kita coba dengan yang namanya new normal yaitu hidup bersama COVID-19 itu yang dibilang. Tapi kita tetap jaga dengan ketat urusan protokol kesehatan. Kalau nggak gitu mau kapan dibuka?," ujarnya.

Sementara dihubungi terpisah, Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah menyebut mal di wilayah DKI Jakarta akan kembali dibuka 8 Juni 2020.

Budi mengatakan sampai hari ini belum mendapat info terbaru lagi soal pembukaan mal. Disebutnya, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah masih melihat hasil kasus Corona (COVID-19) sampai Lebaran ini.

"Saya belum ada info lagi. Pemerintah pusat maupun Pemda (Pemerintah Daerah) masih melihat hasil Lebaran ini bagaimana," kata Budi.

Pembukaan mal 8 Juni 2020 mendatang juga masih menunggu kepastian dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian.

"(8 Juni mal dibuka) itu pun masih menunggu kepastian Kemenko (Perekonomian) bagaimana," sebutnya.



Simak Video "Malam Ini, Jalan MT Haryono Arah Cawang Ramai Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)