Mal Segera Dibuka Lagi, Pengusaha: 2 Bulan Sudah Cukup

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 25 Mei 2020 16:15 WIB
Gelap dan Sepi, Suasana Baru Mal Jakarta di Malam Minggu
Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta, Ellen Hidayat berharap mal kembali dibuka dalam waktu dekat. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama hampir dua bulan di wilayah Jakarta dinilai sudah cukup.

"Menurut saya PSBB (hampir) dua bulan itu sudah cukup memberikan pelajaran dan pendidikan kepada para masyarakat bagaimana menjaga kesehatan pribadi dan keluarga," kata Ellen kepada detikcom, Senin (25/5/2020).

Ellen menjelaskan, PSBB itu telah berdampak terhadap ekonomi dan karyawan yang pendapatannya berkurang. Jadi mau tidak mau aktivitas bisnis seperti mal memang harus dibuka secepatnya dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"You tahu ekonomi sudah hancur, karyawan sudah berat tidak bekerja, mungkin tidak dapat gaji dan sebagainya. Jadi kita mau nggak mau, senang tidak senang kita coba dengan yang namanya new normal yaitu hidup bersama COVID-19 itu yang dibilang. Tapi kita tetap jaga dengan ketat urusan protokol kesehatan. Kalau nggak gitu mau kapan dibuka?" ucapnya.

Mengingat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) wilayah Jakarta akan berakhir 4 Juni 2020, Ellen beranggapan mal-mal bisa operasional 5 Juni 2020 dan berharap itu benar terwujud.

"Kan PSBB tanggal 4 selesai, ya tentu kita beranggapan tanggal 5 sudah boleh buka dong. Sekarang ditutup karena ada PSBB, di kota-kota lain nggak ada PSBB, buka," imbuhnya.



Simak Video "Dampak Corona, Mal Terbesar di Kendari Sepi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)