Mal Bakal Dibuka Lagi, Bioskop Bagaimana?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 25 Mei 2020 17:30 WIB
Bioskop di bandung
Ilustrasi/Foto: Erna Mardiana
Jakarta -

Mal di wilayah DKI Jakarta bakal dibuka kembali dalam waktu dekat. Jika menyesuaikan berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kemungkinan mal dibuka 5 Juni 2020 mendatang.

"Kan PSBB tanggal 4 selesai, ya tentu kita beranggapan tanggal 5 sudah boleh buka dong. Sekarang ditutup karena ada PSBB, di kota-kota lain nggak ada PSBB, buka," kata Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta, Ellen Hidayat kepada detikcom, Senin (25/5/2020).

Lalu, bagaimana dengan pusat hiburan di dalamnya seperti bioskop?

Ellen mengatakan masih menunggu apakah ada pengecualian dari pemerintah mengenai apa saja yang belum diizinkan beroperasi. Jika tak ada, pihaknya mengizinkan semua beroperasi secara serentak asalkan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Pokoknya siapapun tenant boleh buka karena kan boleh buka. Kecuali mungkin nanti ada peraturannya lagi, bioskop gimana, tempat bermain anak gimana, saya belum tahu karena sekian bulan lalu pertama yang tidak diizinkan adalah tempat bermain anak dan bioskop. Nah sekarang pada saat memulai lagi apakah dia belakangan baru diizinkan atau gimana. Tapi di luar itu mestinya boleh buka asal menjaga jarak, semua protokol digunakan," imbuhnya.

Sementara Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol mengatakan masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat dan Daerah terkait kapan kembali beroperasinya bioskop.

"Hingga saat ini, Cinema XXI masih menonaktifkan kegiatan operasional sementara waktu. Kami mendukung upaya Pemerintah Pusat dan Daerah untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi guna mendukung kesembuhan bangsa. Oleh karenanya, kami tetap mengikuti arahan Pemerintah dan belum kembali beroperasi," ucapnya saat dihubungi terpisah.

Ia berharap, pandemi Corona segera berakhir sehingga bisnisnya bisa beroperasi lagi dan kondisi perekonomian bisa pulih kembali.

"Kami berdoa dan berharap agar pandemi ini dapat segera berakhir sehingga kondisi perekonomian dapat pulih kembali," imbuhnya.



Simak Video "Malam Ini, Jalan MT Haryono Arah Cawang Ramai Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)