Kapan Vaksin Corona Ketemu? Ini Kata Erick Thohir

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 26 Mei 2020 16:50 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, BUMN PT Bio Farma (Persero) bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk membuat vaksi Corona. Mereka, antara lain, Sinovac Biotech Ltd, The Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), dan lain-lain.

"Bio Farma dari 2 bulan yang lalu kita coba mencari solusi, kita bicara dengan pihak Sinovac China, CEPI organisasi internasional di eropa. Kita juga bekerja sama pihak Menteri Kesehatan, BPPT untuk bersama lembaga Eijkman untuk melihat vaksin ini," ujarnya dalam sebuah webinar, Selasa (26/5/2020).

Kapan vaksin itu ditemukan? Erick mengatakan, kemungkinan vaksin itu ditemukan tahun depan.

"Ini yang jangan jadi pressure, tetapi kemungkinan kalau kita juga menemukan vaksi itu nanti, itu baru kuartal I sampai kuartal IV 2021," ujarnya.

Dengan begitu, ada rentang waktu untuk menuju penemuan vaksin itu. Maka, new normal disiapkan sebelum vaksin itu ketemu.

Dia menekankan, terpenting dalam new normal ini ialah kedisiplinan masyarakat.

"Ini yang kenapa, tadi, sembari kita harus bicara new normal juga ada stepnya, new normal yang mana, justru yang kita tantang new normal sebelum ada vaksin ini. Karena jangan dulu kita bicara 'O nanti kalau ada vaksin'. New normal yang belum ada vaksi yang harus kita siaga," terangnya.



Simak Video "9.000 Warga Brasil Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Corona China"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)