Pesan Buat Anies Jika Mal di DKI Dibuka Lagi Pekan Depan

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 27 Mei 2020 05:55 WIB
Summarecon Mall Bekasi bakal segera beroperasi penuh. Hal itu dilakukan secara bertahap mulai 8 Juni 2020. Berikut suasana terkininya.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Operasional mal di wilayah DKI Jakarta akan dilakukan mulai 5 Juni 2020. Hal itu akan berlaku jika pembatasan sosial berskala besar (PSBB) wilayah Jakarta tidak diperpanjang dan berakhir 4 Juni 2020.

Menanggapi itu, Analis Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah mengatakan pembukaan mal dalam waktu dekat tidak aman karena tingkat penurunan virus Corona (COVID-19) di Jakarta masih belum sesuai harapan.

"Nggak aman (mal dibuka 5 Juni). Di Jakarta memang sudah menurun tapi kan belum sampai ke titik yang diharapkan karena masih tinggi. Dalam hal ini tentu kesulitan juga di dalam pengawasan," kata Trubus kepada detikcom, Selasa (26/5/2020).

Meski akan ada pemeriksaan suhu setiap masuk mal, cara itu dinilai tak efektif untuk berstatus orang tanpa gejala (OTG) Corona. Sehingga orang dengan status tersebut bisa menularkan virus Corona saat ke mal dan dikhawatirkan menimbulkan gelombang Corona kedua.

"Kalau mal dibuka akan bertemulah mereka antara orang yang sehat dengan yang sakit atau yang OTG tadi, campur aduklah pembeli penjual. Saya khawatir jangan sampai menjadi ledakan gelombang kedua dari COVID-19 yang berbahaya di situ," ucapnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio. Menurutnya pembukaan mal dalam waktu dekat akan sangat berisiko terjadi penularan. Pemerintah dinilai hanya menebak-nebak kondisi Corona saat ini karena belum ada bukti sertifikat nyata bahwa keadaan memang sudah membaik.

"Yang paling mudah adalah bukti pengujian swab PCR (Polymerase Chain Reaction). Kan standarnya 10.000 pengujian setiap 1 juta penduduk. Nah Indonesia sampai hari ini kan belum segitu. Artinya ada hal-hal yang certificate evidence-nya sulit diperkirakan kecuali nebak-nebak. Kalau itu yang terjadi risikonya tentu besar sekali, kita mau menanggung atau tidak?," tegasnya.

Ada pesan buat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan pengusaha sebelum mal dibuka.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Anies Izinkan Mal Buka 15 Juni, tapi Bioskop Belum Boleh"
[Gambas:Video 20detik]