Drama 'Perebutan' Kursi Dirut TVRI

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 27 Mei 2020 19:00 WIB
dirut tvri
Foto: Luthfy Syahban/Tim Infografis


DPR Panggil Dewas yang Pecat Helmy Yahya

Komisi I DPR RI pun memanggil Dewas atas keputusan memecat Helmy. Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon mengatakan pemecatan Dirut atau direksi TVRI harus melalui proses yang benar. Effendi menuturkan, DPR dapat memecat Dewas TVRI jika pemecatan Helmy Yahya tidak sesuai prosedur.

"Konsekuensinya kalau tidak benar, maka Dewas kita pecat, Pak. Loh iya, Pak, kita bisa memecat Dewas Pak, membekukan Dewas bisa, ini kalau...," kata Effendi dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi I dengan Dewas TVRI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Seleksi Dirut Baru TVRI Dibuka

Meski masih dalam proses audiensi antara Helmy Yahya dengan Dewas oleh DPR RI, serta tengah berlangsungnya proses audit LPP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Dewas TVRI membuka pendaftaran seleksi calon Dirut TVRI pada 3 Februari 2020. Panitia pemilihan pengganti Helmy Yahya sudah dibentuk.

Hal ini diketahui dari surat Nota Dinas Nomor: 02/ND/I.1/TVRI/2020, dari Plt Dirut TVRI Surpiyono, bertanggal 30 Januari 2020. Surat ini memuat pemberitahuan 'Panitia Pemilihan Anggota Dewan Direksi LPP TVRI.

Susunan Panitia Pemilihan Anggota Dewan Direksi LPP TVRI itu berisi posisi Pengarah, Penanggung Jawab, Ketua, Sekretaris, dan Anggota. Posisi Pengarah Panitia ditempati oleh Dewas TVRI, Penanggung Jawabnya adalah Plt Dirut TVRI, Ketuanya adalah Ali Qausen, Sekretarisnya adalah Sudarmoko, dan ada 9 anggota.

30 Orang Resmi Terdaftar

Pada tanggal 12 Februari 2020, pendaftaran seleksi Dirut TVRI ditutup. Saat ini, ada 30 pelamar yang mengincar jabatan Helmy Yahya.

Ada beberapa nama yang familiar di daftar pelamar tersebut, misalnya Aktor Gusti Randa, Sutradara Iman Brotoseno, hingga Dirut Metro TV Suryopratomo.

Tersisa 16 Kandidat Pengisi Jabatan Dirut TVRI

Pada 21 Februari 2020, Ketua Dewas TVRI Arief Hidayat Thamrin mengatakan peserta seleksi dirut baru TVRI tersisa 16 kandidat yang akan memasuki babak ketiga seleksi.

Dari pengumuman tersebut, Gusti Randa terdepak atau tak lagi lanjut ke tahap pendalaman makalah. Namun, masih tersisa nama familiar lainnya seperti Sutradara Iman Brotoseno dan Dirut Metro TV Suryopratomo.

Setelah lolos tahap penilaian makalah, 16 kandidat tersebut akan memasuki proses pendalaman makalah atau gagasan calon Dirut dari Panel Ahli yang akan digelar pada 24 Februari 2020.

Klik halaman selanjutnya. Helmy Yahya gugat Dewas TVRI.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Iman Brotoseno, Dari Sutradara Kini Ganti Helmy Yahya Jadi Dirut TVRI"
[Gambas:Video 20detik]