Sederet Diskon Menanti Saat Mal Dibuka Kembali

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 27 Mei 2020 21:30 WIB
Pemkot Bekasi berencana merelaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah mal. Dengan kata lain, Pemkot mulai persiapan menyambut new normal.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

New Normal bakal diterapkan di sejumlah provinsi, seperti Jakarta dan Jawa Barat. Pengusaha mal pun mulai bersiap kembali menarik konsumen untuk berbelanja.

Salah satu yang disiapkan ialah promo-promo atau diskon menarik untuk para pengunjung mal nanti.

"Saat ini peritel tengah mempersiapkan segala sesuatu menyambut penerapan new normal. Banyak pengusaha ritel yang juga menyiapkan program promo, diskon atau harga spesial untuk menunjang kegiatan berjualan," Wakil Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Fetty Kwartati kepada detikcom, Rabu (27/5/2020).

Para peritel juga mengembangkan produk yang sesuai di tengah pandemi Corona ini. Misalnya meningkatkan tingkat kebersihan dan kesehatan produk dan sebagainya.

"Strategi yang dilakukan antara lain memberikan keyakinan kepada customer mengenai kesehatan dan higienis, menyediakan produk yang lebih ekonomis (value for money), lebih sehat dan lebih praktis, serta bisa dinikmati di rumah," papar Fetty.


Dihubungi secara terpisah, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan, para pengelola mal sudah menyiapkan hal-hal teknis dalam upaya melaksanakan protokol kesehatan ketika mal kembali dibuka.

"Akan ada pengaturan untuk semua yang terkait dengan operasional pusat perbelanjaan antara lain karyawan pusat perbelanjaan, karyawan penyewa, karyawan mitra kerja, dan tentunya juga pengunjung", jelasnya ketika dihubungi detikcom.

Adapun protokol kesehatan yang akan diterapkan sebagai berikut:
1. Penggunaan masker di dalam mal
2. Pemeriksaan suhu tubuh
3. Pembatasan jarak ketika antre memasuki mal, toko, lift, toilet, dan antrean di eskalator
4. Pembatasan jumlah pengunjung di dalam lift, toko, dan toilet
5. Pembatasan jumlah pengunjung yang berkumpul.

"Nantinya akan ada petugas khusus yang akan selalu berkeliling untuk mengingatkan dan menegur semua pihak yang belum memenuhi protokol kesehatan," tutup Alphonzus.



Simak Video "Penampakan New Normal di 2 Mal Besar Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)