Dipangkas Erick Thohir, Puluhan Jabatan Direksi PTPN Hilang!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 27 Mei 2020 20:50 WIB
Sore ini, Minggu (5/5/2019), Kementerian BUMN memperingati hari ulang tahunnya yang ke-21. Dalam peringatan hari ulang tahunnya ini, kementerian melakukan peresmian gedung baru.
Foto: Hendra Kusuma
Jakarta -

Kementerian BUMN buka suara terkait restrukturisasi organisasi dengan merampingkan jumlah direksi di bawah holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III. Perampingan ini terjadi pada PTPN I, II, III lalu IV hingga XIV di mana masing-masing kini hanya punya 1 direktur.

Dalam keterangan PTPN III dijelaskan, semula pada 13 anak usaha PTPN, masing-masing memiliki 4 direksi. Dengan pemangkasan menjadi tersisa hanya 1 direksi maka ada puluhan jabatan direksi yang dihapus dari seluruh 13 anak usaha PTPN tersebut.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, restrukturisasi berdasarkan hasil evaluasi Menteri BUMN Erick Thohir.

"Kan kemarin Pak Erick sudah melihat, sudah ada holding PTPN. Itu kenapa lagi ada direksi di bawah-bawah lagi, redundant gitu loh. Ada holding, PTPN punya lagi direksi yang sama, ada direktur keuangan, direktur produksi ada direktur utamanya," kata Arya dalam teleconference, Rabu (27/5/2020)

Dia menuturkan, dengan perampingan itu akan membuat efisiensi di PTPN.

"Setelah dievaluasi fungsinya holding apa? Makanya direktur keuangan ditarik ke holding, produksi ditarik ke hoding jadi bisa efisiensi. Karena direktur cuma satu kemudian komisarisnya cuma 1-2 doang tinggal," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, perampingan ini akan membuat data terpusat. Sehingga, akan memperkuat posisi PTPN.

"Itu akan bagus nantinya, karena akhirnya nantinya holding dia datanya bisa terpusat, dia tahu fungsi, dia tahu bagaimana keuangan, dia tahu bagaimana pemasaran, holding ini akan kuat posisinya," ujarnya.



Simak Video "Eks Dirut BRI Tolak Dirombak Jadi Bos BTN"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)