Situasi Terkini KRL Jelang New Normal

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 28 Mei 2020 10:03 WIB
Suasana di Stasiun KRL
Foto: Suasana di Stasiun KRL (Anisa Indraini/detikcom)
Jakarta -

Indonesia bersiap menghadapi era normal yang baru atau new normal dengan beraktivitas di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Beragam panduan pun sudah disiapkan pemerintah terkait hal tersebut.

Lalu, bagaimana aktivitas di sarana transportasi umum seperti Kereta Rel Listrik (KRL) jelang diterapkannya new normal?

Pantauan detikcom dari Stasiun Tanah Abang, Kamis (28/5/2020), suasana stasiun terlihat ramai pukul 08.30 WIB. Meskipun keramaian tidak saat seperti kondisi normal.

Saat memasuki stasiun calon penumpang diperiksa suhu tubuhnya terlebih dahulu oleh petugas yang memakai masker dan face shield. Calon penumpang juga diwajibkan untuk menggunakan masker dan tampak calon penumpang sudah mengikuti imbauan tersebut.

Para calon penumpang juga tetap menjaga jarak saat menunggu kedatangan KRL. Namun keramaian tidak terhindarkan dan menjaga jarak dilupakan saat kereta baru tiba dan orang berlalu-lalang untuk berpindah peron berganti rangkaian kereta atau keluar stasiun.

Suasana di Stasiun KRLSuasana di Stasiun KRL Foto: Suasana di Stasiun KRL (Anisa Indraini/detikcom)


Saat kereta datang tujuan Angke-Bogor, kursi diisi penuh karena dilakukan jaga jarak. Ada juga yang sampai berdiri demi menjaga jarak untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Menurut petugas bernama Azhar, kereta cukup padat pada jam-jam sibuk yakni antara pukul 06.00-10.00 WIB. Baru ramai kembali pada arus balik sekitar pukul 15.00-17.00 WIB.

"Penuhnya jam 06.00-10.00 sama arus balik sekitar jam 15.00-17.00 WIB itu sudah mulai ramai. Pemberangkatan pertama kereta jam 04.02 dari stasiun Bogor ke Kota," kata Azhar saat ditemui di KRL Angke-Bogor.

Sayangnya, tidak semua gerbong disediakan hand sanitizer. Menurut Azhar hand sanitizer hanya tersedia di setiap stasiun. Jika penumpang ingin menggunakan hand sanitizer di dalam gerbong, mintalah ke petugas agar langsung diambilkan.

"Hand sanitizer ada di gerbong depan saya ambilkan ya. Kalau di setiap stasiun ada (hand sanitizer)," ucapnya.

Saat tiba di Stasiun Manggarai, situasi terlihat lebih ramai. Lingkungan stasiun ramai oleh orang yang berdiri maupun duduk menunggu kedatangan kereta. Sesekali kepadatan terjadi saat kereta baru tiba.

Petugas di lokasi, Irfan mengatakan keramaian ini terjadi sejak setelah Lebaran. Seperti diketahui, beberapa kantor mulai menerapkan aturan kerja baru setelah pemerintah berencana memberlakukan new normal. Sehingga kepadatan penumpang yang ingin bekerja tidak bisa terhindarkan.

"Ini kayak gini setelah Lebaran saja kemarin ramai banget. Waktu PSBB diberlakukan mah enggak seperti ini (ramai). Mau diaturnya juga susah kalau ramai begini," ucapnya.

Suasana di Stasiun KRLSuasana di Stasiun KRL Foto: Suasana di Stasiun KRL (Anisa Indraini/detikcom)


Simak Video "Bagaimana Penerapan Skema New Normal di KRL?"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)