Belum Juga New Normal Berlaku, Stasiun Manggarai Sudah Ramai

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 28 Mei 2020 10:39 WIB
Suasana di Stasiun KRL
Foto: Suasana di Stasiun KRL (Anisa Indraini/detikcom)
Jakarta -

Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan dipadati penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) jelang new normal. Dari pantauan detikcom, Kamis (28/5/2020), stasiun padat pukul 09.00 WIB terlebih saat kereta baru tiba.

Keramaian tidak terhindarkan dan menjaga jarak dilupakan saat kereta baru tiba dan orang berlalu-lalang untuk berpindah peron berganti rangkaian kereta atau keluar stasiun.

Tampak petugas berjaga namun tidak bisa menghalau keramaian yang terjadi. Petugas TNI juga tampak berjaga di lokasi. Keduanya untuk mengingatkan agar masyarakat menggunakan masker dan sebisa mungkin menjaga jarak.

Petugas di lokasi, Irfan mengatakan pemandangan seperti ini terjadi sejak setelah Lebaran karena banyak kantor yang mulai menerapkan bekerja di kantor lagi setelah libur Lebaran. Seperti diketahui, pemerintah akan mulai memberlakukan new normal dan kemungkinan kepadatan penumpang akan lebih tinggi.

"Ini kayak gini setelah Lebaran saja, kemarin ramai banget. Waktu PSBB diberlakukan mah enggak seperti ini (ramai). Mau diaturnya juga susah kalau ramai begini. Ini saja belum semua kantor masuk apalagi nanti," ucapnya.

Menurutnya, keramaian terjadi saat jam-jam sibuk yakni pukul 06.00-09.00 WIB. Baru ramai kembali pada arus balik sekitar pukul 15.00-17.00 WIB. Menjelang siang kereta mulai lengang, bahkan sepi.

Perlu diketahui, setelah lebaran KRL mulai beroperasi mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Sementara beberapa stasiun utama atau penyangga Jakarta mulai beroperasi pukul 05.00 WIB.



Simak Video "Pemprov DKI Cari Referensi Protokol Covid-19 untuk Hiburan dan Event"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)