Tips Atur Ruangan Kerja di Rumah Biar Nggak Bosan Selama WFH

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 28 Mei 2020 13:11 WIB
WFH
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Transformasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH) telah beberapa bulan berlangsung oleh berbagai perusahaan di dunia. Hal ini dilakukan guna mendukung pencegahan virus Corona.

Namun, efek negatif WFH dapat menjadikan pekerja kurang produktif akibat rasa bosan di rumah saja. Agar lebih produktif, kondisi ruangan kerja di rumah dapat mendukung produktivitas selama bekerja.

Melansir CNBC, Kamis (28/5/2020) penulis Marie Kondo menjelaskan dalam bukunya 'Joy at Work: Organizing Your Professional Life', kerapian ruangan kerja dapat memicu kegembiraan dalam bekerja dan membantu pekerja menjadi lebih terorganisir dan mencapai hasil kerja yang lebih baik.

Kondo menguraikan empat langkah yang dapat diikuti untuk mengubah ruangan di rumah Anda menjadi tempat yang produktif untuk bekerja.

Tentukan Waktu Memulai Hari

Kondo mengatakan, sangat penting bagi individu menetapkan batasan yang jelas antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

Untuk melakukan ini, ia menyarankan memulai setiap pagi dengan ritual atau aktivitas standar yang akan menandai awal hari kerja Anda. Seperti dengan terlebih dahulu menyiapkan keperluan keluarga dan perlengkapan bekerja.

Identifikasi Barang-barang yang Penting

Setelah melakukan kegiatan yang menandakan dimulainya hari Anda. Kondo mengatakan salah satu langkah pertama untuk menjaga produktifitas kerja dengan mengidentifikasi barang-barang yang penting untuk Anda menyelesaikan pekerjaan Anda.

Kondo menekankan bahwa lingkungan yang tenang dan tidak berantakan adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas dan kesenangan saat bekerja di rumah.

Simpan Perlengkapan Kerja Dalam Wadah Portabel

Kondo mengatakan menyimpan barang-barang kerja lebih baik di dalam wadah portabel. Hal ini sangat penting untuk membantu Anda tetap teratur.

"Jika Anda bekerja dari ruang tamu atau ruang makan, misalnya, simpan semua benda kerja Anda dalam kotak atau keranjang sehingga Anda dapat memindahkan alat Anda dengan Anda," katanya

Membuat kotak ditunjuk untuk barang-barang Anda akan memudahkan untuk menyimpan barang-barang dengan rapi saat tidak digunakan dan akan memudahkan untuk menemukan barang-barang saat dibutuhkan.

Sediakan Waktu dan Ruangan Untuk Istirahat

Untuk menghindari pola kerja lembur dengan sedikit istirahat di rumah, penting untuk menyediakan ruang dan waktu istirahat guna menghindari kejenuhan.

Psychology Today menjelaskan bahwa istirahat dari pekerjaan dapat meningkatkan kesehatan fisik dan emosional serta mencegah kelelahan dalam pengambilan keputusan, dan memulihkan motivasi untuk mencapai tujuan Anda.

Kondo menekankan penting untuk menciptakan ruang yang mendukung diri Anda baik ketika bekerja maupun tidak. Dengan merapikan dan menyediakan ruang untuk istirahat yang akan membantu menemukan apa yang Anda inginkan, cari tahu dan menemukan lebih banyak kegembiraan di lingkungan Anda.



Simak Video "Tips Google Supaya Kerja dari Rumah Selama Pandemi Bisa Efektif!"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)