Pariwisata Bali Bakal Dibuka Lagi Saat New Normal?

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 28 Mei 2020 19:30 WIB
Tanah Lot Bali
Foto: (Resa Noor Fauziah/d'Traveler): Tanah Lot Bali
Jakarta -

New normal di tengah pandemi Corona juga akan diterapkan di sektor pariwisata. Di sisi lain Bali merupakan wilayah yang dinilai cukup baik dalam penanganan COVID-19.

Apakah Bali berpeluang dibuka kembali untuk turis? Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menegaskan, hingga saat ini pariwisata di Bali belum dibuka kembali, meski ada rencana menjadikan Bali sebagai pilot project.

"Belum, belum dilaksanakan baru wacana," ucapnya usai mengikuti rapat terbatas virtual, Kamis (28/5/2020).

Wishnutama menjelaskan, daerah yang berpotensi untuk dibuka kembali sektor pariwisatanya harus memiliki penanganan wabah COVID-19 yang baik. Nah Bali merupakan salah satu provinsi yang memiliki reputasi yang baik dalam menangani pandemi ini. Oleh karena itu Bali memiliki potensi untuk dibuka kembali pariwisatanya.


"Sesuai dengan laporan dari Gugus Tugas dan lain sebagainya dan memang Bali adalah salah satu provinsi yang sangat baik penanganannya. Perkembangan COVID-nya juga kita lihat sampai hari ini juga apa namanya mempunyai potensi lah untuk kita lakukan," ujarnya.

Lalu kapan hal itu dilakukan? Wishnutama belum menyatakan kapan pariwisata Bali akan dibuka. Sebab pemerintah pusat masih harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Kembali lagi saya harus berkoordinasi dengan kepala daerah masing-masing dan kepala daerah. Pak gubernur misalnya harus berkoordinasi dengan bupati masing-asing. Sehingga koordinasi ini penting. Koordinasi dan kerja sama pemerintah pusat, pemerintah sampai kabupaten itu adalah hal yang paling penting untuk melaksanakan protokol kesehatan maupun tahapan-tahapan ini," tegasnya.



Simak Video "Menuju New Normal, Bali Batasi Orang yang Masuk ke Wilayahnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)