Saran Buat Pemerintah Supaya New Normal Berhasil Pulihkan Ekonomi

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 29 Mei 2020 14:41 WIB
DKI Jakarta beberapa kali disinggung pemerintah sebagai provinsi yang paling memenuhi syarat untuk menerapkan tatanan kehidupan normal baru atau new normal.
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Era kehidupan normal baru atau new normal diharapkan dapat memulihkan perekonomian Indonesia dari pandemi COVID-19. Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet menilai hal tersebut memang dapat membuat ekonomi Indonesia lebih baik. Namun ada sejumlah hal yang harus diperhatikan.

"Kalau melihat dari misalnya indikator yang sudah terlihat di kuartal I misalnya, pertumbuhan ekonomi jauh di bawah prediksi pemerintah. Saya pikir memang menjadi warning juga buat pemerintah untuk mengambil kebijakan (new normal) ini," kata dia saat dihubungi detikcom, Jumat (29/5/2020).

Menurutnya, banyak yang perlu dipertimbangkan pemerintah sebelum menerapkan era normal baru. Misalnya protokoler untuk menjalankan kebijakan tersebut.

Lanjut dia, saat ini pemerintah memang sudah memiliki protokol bagi dunia usaha di tengah PSBB. Namun juga perlu disiapkan rencana apabila kebijakan new normal membuat kasus baru positif virus Corona meningkat.

"Menurut saya harus ada batasan, kalau seandainya dalam pelonggaran PSBB nanti itu, jika misalnya mulai muncul sampai beberapa kasus lagi, pemerintah harus meninjau ulang," ujarnya.

Berlanjut di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video " Ini Aturan New Normal bagi Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]