Softbank Guyur US$ 500 Juta ke Proyek Taksi Tanpa Supir di China

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 30 Mei 2020 12:46 WIB
Didi Chuxing
Ilustrasi/Foto: Reuters
Jakarta -

Penyedia layanan transportasi online di China, Didi Chuxing mendapatkan pendanaan US$ 500 juta atau Rp 7,3 triliun (kurs Rp 14.654/US$) dari SoftBank. Pendanaan bernama SoftBank'z Vision Fund 2 ini nantinya akan digunakan untuk pengembangan mobil tanpa awak.

Mengutip CNBC.com disebutkan perusahaan akan mempercepat penelitian, pengembangan dan peluncuran mobil ini di China dan luar negeri. SoftBank memang satu-satunya investor yang berkomitmen penuh untuk pengembangan mobil tersebut.

Nantinya mobil tanpa awak ini akan digunakan Didi untuk taksi di Shanghai. Jadi masyarakat China bisa memesan taksi dengan mobil tanpa supir ini melalui aplikasi.

Kepala riset teknologi Didi, Tiger Qie menjelaskan diharapkan pada November sudah ada layanan yang diluncurkan.


Presiden Didi, Jean Liu mengungkapkan meskipun dibayangi pandemi COVID-19, perusahaan masih mencatatkan keuntungan. Hal ini karena tekanan Corona sudah mulai mereda di China.

Selain dengan SoftBank, Didi juga berencana untuk menjalin kerja sama dengan mitra otomotif dari hulu dan hilir untuk produksi massal.

"Kami akan transformasi untuk transportasi global," ujarnya. Didi saat ini telah memiliki lisensi untuk melakukan pengujian mobil tanpa awak di jalan-jalan Beijing, Shanghai dan Suzhou dan California AS.



Simak Video "Buntut Corona, SoftBank Jual 198 Juta Lembar Saham"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)