Datang ke Pesta Pernikahan New Normal, Siapkan 'Amplop Online'

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 31 Mei 2020 16:00 WIB
ilustrasi fokus wolipop pesta pernikahan
Ilustrasi/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pengusaha yang tergabung dalam industri pernikahan telah menyiapkan berbagai protokol untuk menghadapi new normal atau kondisi normal yang baru di tengah virus Corona (COVID-19). Hal itu dilakukan agar bisnis bisa tetap berjalan di tengah pandemi.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pernikahan Indonesia, Andie Oyong mengatakan di era new normal pihak Wedding Organizer (WO) tidak lagi mengizinkan tamu untuk memberikan angpao berupa amplop kertas kepada pengantin. Angpao kertas dinilai berisiko untuk menularkan virus.

"Dari bagian registrasi, teman-teman sepakat tidak menggunakan yang namanya angpao lagi. Jadi suka atau tidak suka kami tidak akan menggunakan angpao lagi karena angpao itu kan berupa amplop kertas yang ada risiko penularan berantai," kata Andie kepada detikcom, Minggu (31/5/2020).

Tamu yang datang akan diarahkan untuk memberikan amplop secara elektronik menggunakan scan barcode. Jadi para tamu ketika datang akan diminta untuk scan barcode yang telah disediakan.

"Nanti teknisnya teman-teman di organizer yang akan melakukan plotting-nya, jadi tamu ketika datang ada scan barcode. Sekarang mayoritas semua kan sudah menggunakan android, nanti akan diarahkan untuk download scan barcode kemudian mereka bisa pengiriman secara elektronik," urainya.

Selain itu, kemungkinan pihaknya akan bekerja sama dengan dompet digital seperti OVO dan Gopay. Hal ini untuk mendukung penggunaan amplop secara elektronik mengingat kedua dompet digital tersebut sudah lebih familiar.

"Nanti juga kalau nggak begitu bisa, yang lebih familiar misalkan berupa kerja sama dengan dompet digital pihak ketiga, OVO atau Gopay kita akan kerja sama," imbuhnya.



Simak Video "Hampers Bisa Jadi Solusi Hidangan Resepsi New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)