BLT Rp 600 Ribu Buat Nelayan Cair Mulai Juni

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 31 Mei 2020 19:00 WIB
Pasukan Keamanan Laut RI bersama dengan TNI dan Nelayan RI terus bersiaga usai pengakuan sepihak atau klaim China terhadap batas teritorial di Natuna Utara, Laut China Selatan. Ini potretnya!
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Jakarta -

Nelayan bakal mendapat bantuan langsung tunai (BLT) dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19. Nilai bantuannya adalah Rp 600 ribu per bulan. Sebanyak 1,1 juta nelayan bakal menerima BLT mulai Juni hingga Desember.

Namun Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves Safri Burhanuddin menjelaskan pemerintah masih menyempurnakan data yang ada. Sebab belum semuanya masuk ke dalam basis data.

"Bantuan sekarang sedang proses, sekarang sudah jalan, kita katakan sekarang kita masuk mulai bulan Juni sampai September. Nah yang belum masuk itu sekarang lagi sinkronisasi," kata dia dalam konferensi pers virtual, Minggu (31/5/2020).

Berdasarkan hasil rapat terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), bantuan tersebut akan dibayarkan tiap bulan sampai Desember.

"Itu akan dibayarkan sampai Desember. Hasil keputusan dalam rapat tersebut akan dibayarkan per bulan. Kenapa tidak langsung akumulatif semua? karena kalau langsung, arahan Menteri Keuangan adalah jangan sampai uang yang diberikan tidak jadi yang dibutuhkan, malah jadi konsumtif," jelasnya.

Terkait penyempurnaan data nelayan penerima bantuan, dia menjelaskan sedang diharmonisasi dengan data Kementerian Sosial (Kemensos).

"Ada penjual, ada pembudidaya, kurang lebih 1,1 juta (orang). Ini yang diharapkan dapat menerima bantuan langsung tunai. Jadi kita bagi dulu siapa yang menerima bantuan langsung tunai. Nah yang jadi kendala pada saat itu setelah kita sinkronisasi dengan datanya teman-teman Kemensos hanya 20% yang masuk basis data tersebut, sehingga perlu dilakukan harmonisasi data tersebut," tambahnya.



Simak Video "Sederet Bantuan Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)