Rahasia Kaya Raya di Usia Muda

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 02 Jun 2020 16:14 WIB
Orang kaya
Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi
Jakarta -

Miliuner Steve Adcock memutuskan untuk pensiun dini pada usia 35 tahun setelah mengumpulkan US$ 1 juta setara Rp 14 miliar (kurs Rp 14.480/ dolar US) dalam bentuk tabungan. Adcock sebelumnya bekerja sebagai pakar keuangan yang secara garis besar mengulas kemandirian finansial dan dimuat di blog. Selain itu dia juga menjadi pengembang perangkat lunak.

Selain aktif di blog, karya Adcock telah dimuat di AS News, MarketWatch, Forbes, dan Business Insider.

Adcock mengatakan tidak semua orang dapat pensiun dalam usia 30-an. Namun, dengan mencapai kemandirian finansial semua itu dapat dijangkau. Hal ini memang tidak mudah, Anda harus menjadi jenius dalam keuangan.

Dikutip dari CNBC, Selasa (2/6/2020), dalam mencapai kemandirian finansial m Adcock, memberikan enam prinsip yang dapat diterapkan dalam menunjang tunjuan finansial yang baik.

Jadikan Kebebasan Finansial Sebagai Tujuan Utama

Aturan pertama yang paling penting, namun tidak ada hubungannya dengan uang. Ini tentang keinginan untuk mencapai tujuan dan menjadikannya prioritas utama Anda. Selain itu, menyisihkan pendapatan untuk berinvestasi dan membelanjakan uang untuk hal yang dibutuhkan saja juga menjadi fokus utama.

"Saat itu, saya memiliki gaji yang besar dan bagus dalam pekerjaan saya. Tetapi saya tidak menikmati memiliki bos dengan adanya rapat dan konflik kantor. Saya ingin berkeliling dunia. Jadi, di usia akhir 20-an, saya memutuskan untuk menjadikan pensiun dini sebagai tujuan utama saya," kata Adcock.

Adcock fokus membuat perubahan dramatis pada kebiasaan finansialnya. Alih-alih membiarkan uang disimpan, dia berinvestasi lebih banyak. Adcock mulai menabung 70% dari penghasilannya.

Tingkatkan Pendapatan

Dengan meningkatkan keterampilan diri secara aktif akan meningkatkan penghasilan selain gaji dari kantor. Jadikan passion dan keterampilan yang dimiliki menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan.

Namun, perlu diingat pekerjaan wajib di kantor juga harus ditingkatan karena pekerjaan tersebut merupakan sumber penghasilan utama. Peningkatan prospek di kantor juga dapat menambah penghasilan dengan bonus kenaikan gaji. Tunjukan kepada bos bahwa Anda dapat diandalkan dan dipercaya.

Adcock memanfaatkan kemampuannya dalam menulis secara konsisten di blog dan di beberapa media di AS. Pendapatan bulanannya pun bertambah dengan rata-rata US$ 1000, nilai ini hanya dari blog saja.

"Saya ingin menunjukkan kepada bos bahwa saya layak mendapatkan kenaikan 10% atau 15%. Di pertengahan karir, saya membangun keberanian yang cukup untuk meminta promosi besar. Empat bulan kemudian, saya dipindahkan ke peran direktur," jelas Adcock.

Berinvestasi

Menyimpan uang dan mendapatkan kenaikan gaji tidak cukup meningkatkan penghasilan. Dengan berinvestasi dalam menghargai aset, seperti pasar saham, real estat, berbisnis, dan memiliki barang bersejarah yang nilainya terus meningkat tiap tahunnya dapat menunjang kemampuan finansial.

Manfaatkan Program Otomatis di Berbagai Aspek Pembayaran

Banyak pengusaha menawarkan program pensiun, dan sebagian besar perusahaan akan secara otomatis memberikan kontribusi langsung dari gaji Anda ke dalam rekening investasi Anda. Setelah diatur, Anda tidak perlu khawatir lagi. Selain itu, manfaatkan program pembayaran yang secara otomatis dilakukan untuk mentransfer uang tabungan dan tagihan kartu kredit.

"Otomatisasi akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah, karena Anda tidak harus bergantung pada disiplin untuk membayar tagihan, menghindari biaya keterlambatan, biaya bunga atau pengurangan skor kredit And," jela Adcock.

Tinjau Pengeluaran

Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan utang adalah mengetahui dengan pasti ke mana uang digunakan. Ini adalah prinsip dasar, tetapi begitu banyak orang tidak memiliki disiplin dalam meninjau pengeluaran mereka.

Lihatlah tagihan Anda secara detail. Pengeluaran dalam berbelanja untuk kesenangan lebih baik dilakukan setetalah membayar tagihan dan simpanan pensiun. Jangan abaikan pengeluaran kecil, hindari berbelanja yang tidak penting.

Penting untuk selalu mengingat tagihan bulanan jika Anda berlangganan jasa apapun.

Sortir Pengeluaran yang Tidak Dibutuhkan

"Saya pernah menjadi pemboros super. Saya punya Convertible Corvette supercharged dan Cadillac CTS. Saya juga mengendarai motor sport Yamaha R1 di sekitar kota, membayar US$ 150 per bulan untuk asuransi. Tetapi saya menjual semua hal itu setelah saya membuat tujuan pensiun dini," kata Adcock.

Anda tidak perlu mengurangi segalanya, prinsip ini adalah tentang mengevaluasi kembali prioritas. Dalam membelanjakan uang, prioritaskan hal-hal yang manfaatnya berjangka panjang, hindari pengeluaran yang hanya memberikan manfaat sesaat.



Simak Video "Deretan Orang Terkaya Dunia yang Merugi Rp 642 T Dalam Sepekan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)