Sebut Investasi US$ 1,3 M, Dubes China Blak-blakan Kerja Sama di RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 02 Jun 2020 16:23 WIB
Dubes RRC untuk Indonesia Xiao Qian
Dubes China untuk Indonesia Xiao Qian/Foto: Mardi Rahmat/20 detik
Jakarta -

Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian buka-bukaan soal kerja sama ekonomi China dengan Indonesia. Menurutnya, Indonesia jadi negara tujuan investasi bagi China.

Xiao menjelaskan pada kuartal pertama 2020 saja, China telah menggelontorkan US$ 1,3 miliar atau berkisar Rp 18,7 triliun (kurs Rp 14.400/US$) untuk investasi di Indonesia. Hal tersebut, menurut Xiao, menjadikan China negara kedua terbanyak dalam hal investasi ke Indonesia.

"Pada kuartal pertama tahun ini, Tiongkok (China) telah menginvestasikan US$ 1,3 miliar di Indonesia, menduduki negara sumber investasi terbesar kedua bagi Indonesia. Tiongkok telah secara bertahun-tahun menjadi mitra dagang terbesar Indonesia," ujar Xiao dalam keterangan tertulis, Selasa (2/6/2020).

China dan Indonesia menurut Xiao memiliki hubungan perdagangan yang sangat erat. Dia menyebut sejak 2016 negaranya menjadi tujuan ekspor terbesar bagi Indonesia. Dia mencatat volume perdagangan antara China dan Indonesia senilai US$ 17,7 miliar atau berkisar Rp 265 triliun.

"Semenjak tahun 2016, Tiongkok merupakan negara tujuan ekspor terbesar bagi Indonesia secara berturut-turut. Pada triwulan pertama tahun ini, volume perdagangan antara Tiongkok dan Indonesia mencapai US$ 17,7 miliar," jelas Xiao.


Xiao juga memamerkan beberapa kerja sama industri besar China di Indonesia. China menurutnya telah mendorong perkembangan industri Indonesia secara efektif lewat kerja sama yang dilakukan.

"Tiongkok dan Indonesia secara efektif mendorong perkembangan industri Indonesia, terus meningkatkan daya saing produk dan industri Indonesia, dan meningkatkan posisi Indonesia dalam rantai industri global," ungkap Xiao.

Beberapa kerja sama Indonesia-China dibeberkan Dubes Xiao Qian apa saja? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Blak-blakan Dubes RRC: China Sahabat Sejati Dunia Islam"
[Gambas:Video 20detik]