Pandemi Corona Malah Bikin Masyarakat Melek Investasi

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 03 Jun 2020 17:55 WIB
ilustrasi investasi
Foto: iStock
Jakarta -

Di balik berbagai cobaan yang ditimbulkan pandemi virus Corona, ternyata ada hikmah di belakangnya. Masyarakat jadi semakin sadar atas pentingnya investasi.

Presiden Direktur PT Indo Premier Sekuritas Moleonoto The merasa di era pandemi Corona minat minat masyarakat untuk menjadi investor pasar modal semakin tinggi. Terlihat dari semakin banyaknya peserta di setiap seminar tentang investasi pasar modal melalui virtual.

"Tiba-tiba banyak sekali animo masyarakat ingin berpartisipasi pada program edukasi kami tentang investasi, saham reksadana dan sebagainya. Kami melihat tiba-tiba ada perubahan perilaku dan animo semakin meningkat," tuturnya dalam sebuah webinar, Rabu (3/6/2020).

Moleonoto juga mengaku kaget dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap investasi di pasar modal saat masa pandemi. Namun menurutnya hal itu disebabkan banyaknya masyarakat yang sadar akan pentingnya investasi ketika terjadi krisis dan pemasukannya berkurang.

"Dengan banyak WFH dan masyarakat mulai sadar bahwa mungkin ada pekerjaannya terganggu, usahanya terganggu, sehingga mulai sadar investasi," tuturnya.

Oleh karena itu Indo Premier Sekuritas justru yakin menargetkan pertumbuhan investor ritel tahun ini mencapai 40%. Sementara nilai transaksi ritel tahun ini ditaksir tumbuh 30%.

Untuk mencapai target itu Indo Premier juga mengembangkan aplikasi super (super apps) IPOT untuk platform investasi dan trading saham. Aplikasi itu dibuat semudah mungkin agar dimengerti para investor ritel.



Simak Video "Milenial Investasi Emas, Siapa Takut?"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)