Sultan Persilakan Pedagang Jualan Lagi di Malioboro, Asal....

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Rabu, 03 Jun 2020 19:16 WIB
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (15/5/2020).
Foto: Dok. Humas Pemda DIY
Yogyakarta -

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) secara bertahap akan menggeliatkan lagi perekonomian di tengah pandemi COVID-19. Seperti halnya dengan mengizinkan pedagang di Malioboro untuk beroperasi kembali.

"Ya secara bertahap toh (menggerakkan perekonomian di DIY), kan sing teko yo urung karuan ono (kan yang datang ke DIY juga belum tentu ada), wong semua masih merah (penularan COVID-19 masih terjadi), masih PSBB," ucap Sultan Hamengku Buwono X kepada wartawan saat di Kantor DPRD DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Rabu (3/6/2020).

Meski tidak melarang para pedagang untuk beraktivitas kembali di kawasan Malioboro, namun Sultan meminta para pedagang untuk betul-betul menerapkan protokol kesehatan.

"Ya asal pakai jarak (yang berjualan) kan tidak ada masalah. Jadi ya silakan (berjualan) asal dia (pedagang) memenuhi persyaratan protokol kesehatan," ucapnya.


Salah satu pedagang di Malioboro, Suradi mengaku telah berjualan di kawasan Malioboro sejak pekan lalu. Dia pun menyambut baik pernyataan Sultan yang mengizinkan para pedagang berjualan kembali dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau diizinkan kembali ya senang, saya juga sudah pakai masker, handsanitizer dan jaga jarak kalau jualan," katanya.

Dengan izin tersebut, Suradi berharap bisa memenuhi kebutuhan keluarganya. Mengingat lebih dari satu bulan pemasukannya tidak menentu karena harus berada di rumah.

"Tapi hari ini masih sepi, belum ada pembeli yang datang. Ya semoga ke depannya semua segera membaik sehingga banyak wisatawan yang ke sini (Malioboro)," ucapnya.



Simak Video "Asiknya Wisata Belanja di Malioboro, Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)