Penumpang Melonjak, 60 Jadwal Kereta Tambahan Diluncurkan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 04 Jun 2020 17:56 WIB
Meskipun tidak ada cuti bersama Idul Fitri 1414 H, penumpang KRL masih terpantau sepi. Seperti yang terlihat di Stasiun Kebayoran, Jaksel, Selasa (26/5/2020).
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menambah 60 jadwal perjalanan kereta sore ini. Penambahan tersebut dilakukan untuk mengurangi kepadatan karena penumpang bertambah 10-13% dibanding pertengahan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Bila sebelumnya PT KCI melayani 200 ribu - 220 ribu pengguna, pada tiga hari terakhir jumlahnya mencapai 240 ribu hingga 260 ribu pengguna," kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan resminya, Kamis (4/6/2020).

Penambahan jadwal ini dilakukan hanya di sore hari di mana kepadatan penumpang kerap terjadi di waktu-waktu tersebut.

"Jadwal kereta-kereta tambahan ini akan diumumkan di stasiun-stasiun sehingga tidak perlu khawatir dapat tertinggal kereta dan tidak perlu memaksa masuk ke kereta yang telah penuh sesuai kapasitas," terang Anne.


Jadwal kereta tambahan sejumlah 60 KA pada hari ini akan melayani dari stasiun-stasiun di wilayah Jakarta ke seluruh tujuan (Bogor/Nambo, Bekasi/Cikarang, Tangerang, Serpong/ Parung Panjang/ Maja/ Rangkasbitung).

Meski jadwal kereta ditambah, namun PT KCI tetap menutup pintu stasiun mulai pukul 18.00 WIB.

Selain itu , mulai Senin 8 Juni 2020 mendatang, PT KCI juga akan memberlakukan aturan tambahan yaitu pengguna dilarang berbicara secara langsung maupun melalui telepon selama berada di dalam KRL.

Tak hanya itu, balita untuk sementara dilarang naik KRL, calon pengguna yang membawa barang untuk berdagang di tujuannya dapat menggunakan kereta-kereta jadwal pemberangkatan pertama dan mulai pukul 10.00 - 14.00 WIB, serta pengguna lansia hanya dapat menggunakan KRL pada pukul 10.00 - 14.00 WIB.



Simak Video "KRL Tambah 5 Perjalanan Rute Rangkasbitung-Tanah Abang"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)