Anak Sekolah di Rumah, Biaya SPP Turun Nggak Ya?

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 04 Jun 2020 18:30 WIB
Anak sekolah
Ilustrasi anak belajar di rumah/Foto: iStock
Jakarta -

Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), anak sekolah dengan sistem belajar online dari rumah. Hal itu dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus Corona (COVID-19).

Namun biaya bulanan sekolah atau SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) anak tidak mengalami penurunan meski belajar di rumah. Begitu juga dengan biaya pendaftaran peserta didik baru, tidak ada pemberian diskon untuk masuk sekolah.

Ika, salah satu pekerja bidang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di salah satu sekolah SMA Swasta di Jakarta Selatan mengungkap alasannya. Menurutnya, mau anak sekolah tatap muka atau secara virtual sama saja tetap belajar seperti biasa.

"Nggak (turun). Tetap saja (biaya sekolah) karena tetap belajar seperti biasa," ucap Ika saat dihubungi detikcom, Rabu (3/6/2020).

Menurut Ika, sekolah swasta tersebut menerapkan kegiatan belajar mengajar melalui virtual Zoom selama pandemi. Hal ini akan terus dilakukan sampai menunggu keputusan dari pemerintah. "Kita digital selama pandemi. (Sampai kapan) belum tahu tergantung dari pemerintah," katanya.


Dihubungi secara terpisah, Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio mengatakan penyebab biaya sekolah tidak turun karena pihak sekolah harus tetap menggaji guru. Mau mengajar dari mana pun gaji guru dinilai tidak mungkin diturunkan.

"Gurunya kan tetap harus digaji karena dia ngajar. Perkara guru datang atau tidak kan gajinya nggak mungkin diturunkan," imbuhnya.

Yang bisa dilakukan para orang tua adalah meminta pihak sekolah untuk meniadakan uang kegiatan yang tidak dilakukan selama pandemi. Hal itu dinilai lebih mungkin daripada menunggu pemerintah mengeluarkan kebijakan diskon untuk sekolah.

"Menurut saya itu saja, nggak usah diatur dari Kemendikbud-nya lah repot. Udah saja bicara dengan orang tua murid dengan sekolah. Jadi kalau mau uang-uang ekstrakulikuler itu tidak ada lagi karena memang nggak ada. Biaya lain seperti biaya olahraga, biaya kesenian mungkin itu (yang bisa dikurangi)," sarannya.



Simak Video "Sekolah Tatap Muka di Polman: Dibagi Kelompok, Guru Sambangi Siswa"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)