Sederet Aturan Ketat Buat Mal DKI Buka 15 Juni

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 05 Jun 2020 05:00 WIB
Kesiapan Mal di Jakarta Jelang New Normal
Foto: Soraya Novika
Jakarta -

Penantian panjang kepastian mal di DKI Jakarta untuk buka kembali telah berakhir. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menetapkan perpanjangan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diiringi dengan masa transisi.

Dalam masa transisi tersebut, pada fase pertama di bulan Juni, Anies mengizinkan pusat-pusat perbelanjaan seperti mal buka kembali pada Senin, 15 Juni 2020 mendatang.

"Pusat perbelanjaan atau mal dan pasar yang non pangan, karena kalau yang pangan selama ini sudah buka. Tapi pasar yang non pangan baru bisa dimulai pada hari Senin tanggal 15 Juni 2020. Senin 15 Juni baru pusat pertokoan, pasar-pasar mulai buka, berkegiatan," kata Anies dalam konferensi pers virtual status PSBB DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Anies menegaskan ada protokol kesehatan ketat yang harus dipenuhi apabila mal mau dibuka. Pertama, mal hanya boleh menerima pengunjung 50% dari total kapasitas.

Lalu dalam pengoperasiannya, pengelola wajib mengatur dan menerapkan prinsip physical distancing dengan jarak 1,5 meter per orang. Pengelola juga diwajibkan untuk melakukan pengukuran suhu tubuh kepada para pengunjung.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3