Luhut ke Pengkritik Pemerintah: Bicara Pakai Data!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 05 Jun 2020 21:13 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan buka suara soal kritik terhadap pemerintah. Dia mencontohkan soal Corona, menurutnya pemerintah sedang bekerja bertahap mencegah meluasnya penularan Corona, sekaligus membuka aktivitas ekonomi bertahap.

Luhut menegaskan semua hal tidak semudah membalikkan telapak tangan.

"Gradually dikerjakan dengan baik, apakah ini sama dengan balik tangan, semalam selesai? Nggak lah. Kalian kalau masuk pemerintah akan melihat berbagai angle, tidak segampang itu ngatur semua tuh," kata Luhut dalam sebuah diskusi online via Zoom, Jumat (5/6/2020).


Dia mengatakan banyak orang yang asal kritik membuatnya sedih. Dia mengatakan belum tentu si pengkritik bisa menjalani tugas pemerintah.

"Banyak yang ngomong, asal aja kritik ini itu, kadang-kadang saya jadi sedih. Nanti kalau dia masuk ke dalam (pemerintah) kita lihat malah korupsi pula dia, nggak gitu lagi masanya sudah lewat itu," kata Luhut.

Luhut juga mengatakan banyak pengamat yang mengkritik pemerintah tanpa data. Menurutnya kalau mau bicara harus pakai data, hal tersebut dilakukan agar kritik menjadi lebih valid, berisi, dan menghindari keributan.

"Kalau banyak pengamat banyak kritik sana-sini nggak pakai data saya sedih. Kenapa sih? Jadi kalau bicara itu pakai data biar nggak kelahi dan ribut, kalau bisa kita cocok-cocokkan data saja," pungkas Luhut.



Simak Video "Luhut Mau Turis 'Berdompet Tebal' yang Datang ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)