Mau Buka Lagi, Mal Siapkan Bilik Disinfektan hingga Sensor Lift

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 09 Jun 2020 11:55 WIB
Kesiapan Mal Senayan City Jelang Buka Lagi
Foto: Sylke Febrina/detikFinance
Jakarta -

Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta bersiap untuk beroperasi kembali dengan skenario new normal pada 15 Juni 2020 mendatang. Salah satunya mal di kawasan Jakarta Selatan, Senayan City.

Dari pantauan detikcom, mal ini mulai memasang bilik disinfektan hingga alat pengukur suhu otomatis. Saat memasuki lobi utama yakni di seberang Plaza Senayan, pengunjung diwajibkan menggunakan masker jika ingin masuk ke mal.

Jika tidak, maka petugas keamanan akan meminta pengunjung memakai masker atau tidak diizinkan masuk ke mal. Setelah itu pengunjung diminta masuk ke bilik berwarna kuning seukuran kamar pas untuk sterilisasi.

Kemudian pengunjung akan masuk ke dalam mal dan harus melewati pemeriksaan suhu badan otomatis menggunakan kamera dan hasilnya bisa dilihat di layar. Kemudian pemeriksaan x-ray untuk barang bawaan. Ada juga tempat hand sanitizer otomatis yang disiapkan dekat tempat screening. Ini memudahkan pengunjung karena tidak perlu menekan dengan tangan.

Kesiapan Mal Senayan City Jelang Buka LagiKesiapan Mal Jelang Buka Lagi Foto: Sylke Febrina/detikFinance

Di dalam mal para petugas juga menggunakan masker, face shield, sampai sarung tangan untuk melindungi diri. Senayan City juga membuat batasan-batasan berwarna kuning untuk menjaga jarak antar pengunjung.

Selain itu untuk lift telah dipasang sensor, jadi pengguna hanya perlu melambaikan tangan dengan jarak 10 cm tak perlu lagi menekan atau menyentuh tombol. Di dalamnya, jaga jarak juga berlaku dan telah dipasang stiker kuning untuk menandai tempat berdiri.



Simak Video "Sepinya Mal di Yogyakarta saat Uji Coba Operasional Hari Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)