RI Bisa Dapat Tambahan Wilayah Laut Seluas 3 Kali Inggris

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 09 Jun 2020 19:05 WIB
Dansatgas Indonesia Maritime Envoy-19B Kolonel Laut (P) Himawan (tengah) bersama sejumlah perwira dan prajurit TNI AL awak KRI Usman Harun-359 berpose dengan latar KRI Usman Harun setibanya di Kupang, NTT.
Ilustrasi/Foto: ZABUR KARURU/Antarafoto
Jakarta -

Pemerintah tengah berupaya untuk memperluas landas kontinen atau wilayah dasar laut Indonesia. Ada 3 wilayah yang akan diajukan submisi ke PBB.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves, Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan tiga wilayah itu adalah wilayah utara Papua, barat Sumatera, dan di lautan Jawa.

Untuk wilayah landas kontinen di utara Papua pemerintah sudah mengirimkan submisi ke PBB. Total luas wilayahnya seluas 196.568,9 km persegi.

"Kami submisi klaim wilayah ini tahun lalu di utara Papua dan kami sudah presentasikan ke PBB pada Maret. Tadinya tim agak ragu menyerahkan submisi ini, tapi kami memutuskan mempercepat karena ada negara lain yang juga mau subsidi itu. Untungnya PBB memberikan waktu kami cukup cepat," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (9/6/2020).

Di wilayah itu, kata Purbaya ada semacam punggung pegunungan di bawah laut yang menghubungkan wilayah Indonesia. Hal itu menjadi salah satu alasan RI yakin mengajukan submisi ke PBB.

"Daerahnya cukup luas, kalau tidak salah tiga kali Inggris. Termasuk sumber daya mineral di bawahnya akan kita kuasai kalau kita diberikan hak untuk kawasan itu," tambahnya.

Untuk wilayah di bagian barat daya Sumatera pemerintah sedang menyiapkan submisinya. Potensi luasnya mencapai sekitar 200.000 km persegi.



Simak Video "Jejak Desa Kecil di Norwegia yang Hilang Ditelan Lautan"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)