Pengusaha TV Swasta Bertemu Airlangga, Apa yang Dibahas?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 10 Jun 2020 12:09 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto: Screen Shot Video 20detik
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) ikut memukul bisnis di sektor telekomunikasi. Hal itu diungkapkan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) saat bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Usai pertemuan, Airlangga mengatakan pertemuannya itu membahas kondisi media pertelevisian yang ikut terkena dampak pandemi karena pemasukan lewat iklan yang berkurang.

"ATVSI menyampaikan iklan turun hingga 40% saat Pandemi COVID-19 terjadi di Tanah Air," kata Airlangga dalam keterangan resmi yang dikutip detikcom, Rabu (10/6/2020).

Hampir semua bisnis terganggu sejak ada pandemi karena daya beli masyarakat menurun sehingga mempengaruhi banyak sektor bisnis lain, termasuk iklan di media. Oleh karena itu, Airlangga bilang, pemerintah berusaha memberikan keringanan bagi para pengusaha, termasuk pengusaha media dengan mengeluarkan relaksasi pajak penghasilan (PPh) Pasal 21 dan PPh Pasal 25.

"Dari perpajakan sudah ada insentif dari kementerian keuangan. Ada juga usulan pemerintah pasang iklan di media, namun itu butuh pembahasan lebih lanjut," ucapnya.

Airlangga berpesan kepada ATVSI agar tetap optimis dalam menghadapi pandemi karena peran besar media sangat berpengaruh dalam mensosialisasikan protokol kesehatan dan keselamatan.

"Saya juga meminta agar sektor industri pertelevisian bisa bergotong-royong membangun optimisme, supaya perekonomian Indonesia bisa recovery dengan cepat. Jika ekonomi kuat, maka konsumsi akan tumbuh, dan pastinya akan ada iklan yang diterima oleh media," tutupnya.



Simak Video "Airlangga: Target Pilkada 2020 Golkar Meraih Kemenangan 60 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)