Daftar Maskapai yang Siap Terbang Lagi

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 10 Jun 2020 17:00 WIB
Kabut asap karhutla di Kalimantan membuat penerbangan dari dan menuju ke Sultan Hasanuddin terdampak. Ilustrasi Lion Air
Foto: M Bakrie/detikcom
Jakarta -

AirAsia Indonesia akan kembali beroperasi secara bertahap mulai 19 Juni 2020 pada rute-rute tertentu. Saat ini masih dilakukan penghentian sementara karena mempertimbangkan risiko penyebaran virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

"Layanan penerbangan reguler AirAsia Indonesia akan menyesuaikan pengoperasian penerbangan berjadwal rute internasional dan domestik secara bertahap, dan direncanakan akan dimulai pada tanggal 19 Juni 2020 pada rute tertentu," kata Corporate Secretary AirAsia Indonesia, Indah Permatasari Saugi dalam keterbukaan informasi yang dipublikasikan di portal online Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Rabu (10/6/2020).

Dia menjelaskan pihaknya dapat kembali mengoperasikan penerbangan secara terbatas jika dinilai memungkinkan.

"Perseroan terus memantau perkembangan situasi dan akan melakukan langkah antisipasi yang diperlukan untuk mempersiapkan dimulainya kembali layanan penerbangan sesegera mungkin setelah situasinya memungkinkan," ujarnya.

Untuk Lion Air Group kembali membuka layanan penumpang berjadwal domestik per hari ini, 10 Juni 2020 setelah sebelumnya dihentikan sementara. Mulai dari Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), hingga Batik Air (kode penerbangan ID) kembali membuka penerbangannya.

Keputusan ini diambil Lion Group sesuai dengan perkembangan calon penumpang pesawat udara yang sudah semakin memahami dan akan memenuhi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan pesawat udara yang ditetapkan selama masa waspada pandemi COVID-19.

"Telah diterbitkan dan diedarkan Surat Edaran No. 7 Tahun 2020 tentang Kriteria Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang mengatur kembali syarat yang harus dipenuhi oleh setiap calon penumpang bila akan melakukan bepergian dengan menggunakan pesawat udara, di mana lebih sederhana," Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulis, Senin (8/6/2020).

Sedangkan Garuda Indonesia sudah melayani operasional penerbangan sejak 7 Mei 2020. Operasional penerbangan tersebut sebagai tindak lanjut kebijakan pengendalian transportasi selama Ramadan dan Idul Fitri 1441 H yang mengacu pada ketentuan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020.

Layanan penerbangan tersebut dioperasikan mengacu pada ketentuan kriteria masyarakat yang dapat mengakses layanan transportasi pada masa pandemi COVID-19.



Simak Video "Lion Air Group Bantah Isu Bakal Berhenti Beroperasi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)