Rizal Ramli Diundang Debat, Jubir Luhut: Dia Nggak Datang!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 11 Jun 2020 13:01 WIB
Nelayan Muara Angke melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Kamis (4/8/2016). Mereka meminta Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meneruskan kebijakan Rizal Ramli untuk menghentikan reklamasi teluk Jakarta.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Jubir Menko Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi buka suara soal tantangan debat yang dideklarasikan oleh ekonom senior Rizal Ramli. Rizal ingin melakukan debat terbuka dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, salah satunya soal utang luar negeri.

Jodi mengatakan pihaknya sebetulnya sudah siap dan terbuka untuk melakukan debat. Bahkan pihaknya sudah mengundang Rizal Ramli datang hari ini, sayangnya Rizal tidak datang.

"Kan ini juga udah kita undang dia nggak datang, padahal kan kita terbuka kok," kata Jodi ditemui di kantornya, Kamis (11/6/2020).

Rizal sendiri menyatakan mau debat publik secara terbuka di tanggal 24 Juni. Bahkan, Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem) siap untuk menjadi penyelenggara acara ini.

Namun menurut Jodi cara Rizal Ramli membuat tantangan debat lewat orang ketiga ibarat orang yang memakai promotor tinju. Menurut Jodi, pihaknya tidak ingin hal itu terjadi karena pemerintah niatnya berdiskusi yang membangun.

"Itu kan dari promotornya, kita sih nggak mau nunjuk promotor, emang petinju apa kayak Don King pakai promotor," kata Jodi.

"Kalau mau kita diskusi konstruktif, banyak masukan. Kita sama-sama lah, kan kita niatnya nggak nyari panggung, ini cari solusi bukan cuma debat-debat doang tapi nggak ada solusi dan jatuhkan satu pihak," lanjutnya.



Simak Video "Waspadai Varian Omicron, Pemerintah Ubah Karantina WNA-WNI Jadi 7 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)